--> Skip to main content

Nama-Nama Buah dari Huruf C

Nama-Nama Buah dari Huruf C
Ada banyak sekali nama-nama buah di dunia ini, yang tentunya semua buah memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda tersusun dari huruf A sampai huruf Z. Nah kali ini ada beberapa jenis buah yang diawali dari huruf C.
ciplukan (sumber pixabay)
1. Ciplukan
Ciplukan adalah tanaman yang mudah tumbuh liar di berbagai tempat terbuka seperti di halaman rumah, kebun/pekarangan, belukar dan lahan terbuka lainnya. Tanaman ini menghasilkan buah yang namanya juga sama dengan tanaman induknya yaitu buah ceplukan. Buahnya memiliki ukuran kecil dan memiliki  pembungkus yanag berasal dari perbesaran kelopak bunganya. Oleh karena persebarannya di Indonesia ini sangat banyak, buah ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di masing-masing daerah seperti misalnya dikenal dengan buah cecenet/cecendet, nyurnyuran dan masih banyak sebutan lainya.
ceri (sumber pixabay)
2. Ceri
Ceri merupakan buah yang memiliki bunga kecil majemuk, ceri memiliki warna yang sangat menarik sekali yaitu merah menyala, bunga ceri juga menjadi favorit orang Jepang karena memiliki keindahan yang tidak ada tandingannya. Bunga dari pohon ceri ini disebut dengan bunga sakura, yang mana kerap dijadikan sebagai destinasi wisata oleh turis lokal maupun mancanergara sampai-sampai bunga ini menjadi ciri khas dari negara Jepang. Ceri juga sering dibuat manisan sebagai campuran atau hiasan pada minuman atau kue sehingga makanan atau minuman yang diberi hiasan buah ceri ini akan semakin menarik dan bisa meningkatkan nafsu makan seseorang.
cimpedak (sumber pixabay)
3. Cempedak
Cempedak adalah salah satu jenis buah-buahan yang mirip sekali dengan buah nangka, cempedak memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding nangka. Selain itu juga memiliki bau atau aroma yang lebih menyengat, ukuran biji yang lebih kecil dan tekstur daging buah yang lebih lunak. Kandungan air pada cempedak lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan air pada buah nangka, pohonnya juga memiliki diameter yang tidak terlalu besar. Cempedak bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, namun biasanya juga bisa dijadikan camilan dengan cara digoreng terlebih dahulu. Cempedak yang sudah dipisahkan dari kulitnya, bisa disisihkan dan dipisahkan dari bijinya, kemudian dilumuri dengan tepung yang sudah diberi sedikit garam, lalu goreng satu persatu setelah minyak sudah panas, setelah matang nikmati dengan segelas the atau kopi dijamin rasanya sangat nikmat.
cermai (sumber pixabay)
4. Cermai
Cermai merupakan jenis buah yang memiliki rasa sangat masam sekali, bahkan buah asam masih kalah masamnya. Buah ini biasanya menggerombol dalam satu tangkai, dan terkadang juga mudah rontok ketika sudah sangat matang. Namun rasa yang dimiliki masih tetap sama baik itu masih muda/mentah atau buah yang sudah masak tetap memiliki rasa yang sangat masam. Sehingga tidak banyak orang yang menyukai buah ini, dan jika ingin mengurangi rasa masamnya, buah cermai dijadikan manisan atau asinan dan kemudian bisa dinikmati dengan cara diseduh pakai air es dan air gula. Cermai juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti di antaranya bisa dijadikan ramuan untuk menurunkan berat badan, obat batuk berdahak dan masih banyak manfaat lainnya. 
Coklat (sumber pixabay)
5. Coklat/kakao
Buah coklat atau kakao adalah buah yang dimanfaatkan bijinya sebagai bahan utama dalam pembuatan cokelat dan masakan tradisional. Buah coklat memiliki kulit yang tebal menyerupai tempurung, bijinya di selimuti atau tertutup oleh selaput yang agak tebal namun lama kelamaan semakin menipis dan rasanya manis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar