--> Skip to main content

Cara Merawat Hewan Peliharaan - Burung Kenari

Cara Merawat Hewan Peliharaan - Burung Kenari
Cara Merawat Hewan Peliharaan - Burung Kenari

Setelah membahas tentang cara merawat burung lovebird, kali ini akan dibahas tentang cara merawat hewan peliharaan lainnya yang masih termasuk dalam jenis burung yaitu kenari. Burung kenari juga merupakan burung yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung, banyak pula orang-orang yang memang membuat usaha ternak burung kenari untuk menunjang perekonomian mereka. Burung kenari ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, oleh sebab itu ada baiknya jika memang anda hobi berternak burung anda bisa mencoba usaha ternak burung kenari.

Burung kenari merupakan seekor burung yang cantik dan juga memiliki kicauan yang indah. Anda bisa memelihara beberapa burung sekaligus dalam satu kandang yang berukuran besar, namun akan lebih baik jika anda memberikan kandang sendiri-sendiri untuk setiap ekornya. Merawat burung kenari ini juga mirip dengan merawat hewan peliharaan jenis burung lainnya, namun agar anda lebih memahami tentang cara merawat hewan peliharaan sebaiknya anda membaca ulasan yang ada di bawah ini yang akan membahas tentang cara merawat burung kenari. Adapun caranya adalah:

1. Siapkan kandang/sangkar yang berukuran besar
Kenari adalah jenis burung yang suka terbang bebas, jika anda memelihara kenari di rumah anda pastikan sebelumnya anda sudah menyiapkan kandang yang berukuran besar. Anda tidak perlu memberikan aksesoris tambahan yang berlebihan, cukup berilah ranting kecil untuk meletakan makanan, minuman dan juga untuk tempat bertengger saja agar tidak menggangu ruang gerak dari kenari kesayangan anda. Pilihlah kandang yang kuat agar awet dan tidak mudah rusak, selain itu juga untuk menjaga burung anda dari serangan hewan lain misalnya seperti kucing, tikus, ataupun anjing. 

2. Berikan alas pada sangkar
Kondisi kandang ataupun sangkar harus dipastikan selalu bersih, sebab kotoran burung atau sisa makanan dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan kenari. Sisa kotoran pada kenari bisa saja mengandung parasite ataupun kuman oleh sebab itu pastikan anda selalu membersikhkannya minimal 2 hari sekali agar kebersihannya tetap terrjaga dengan baik.

3. Berikan asupan makanan yang cukup Kenari adalah burung yang suka makan dan minum, pastikan anda selalu mengecek kebutuhan air pada kenari agar burung kenari kesayangan anda tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Memelihara burung kenari ini memang terbilang susah-susah gampang terlebih lagi jika anda memeliharanya untuk dijadikan hewan ternak. Pastikan anda selalu membuat jadwal harian pemebrian makan agar kebutuhan makanan dan minumnya terpenuhi. Berilah makanan yang sesuai dan cocok dengan burung kenari, anda bisa membeli makanan atau camilan yang khusus untuk kenari. Saat ini sudah banyak sekali makanan hewan peliharaan jadi anda tidak perlu susah payah membuatnya sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar