--> Skip to main content

Cara Merawat Hewan Peliharaan - Kura-kura Brazil

Cara Merawat Hewan Peliharaan - Kura-kura Brazil
Cara Merawat Hewan Peliharaan - Kura-kura Brazil

Kura-kura adalah hewan yang sangat menggemaskan, satu hal yang membuat kura-kura ini menjadi pusat perhatian adalah cara berjalannya yang lambat, meskipun demikian ternyata cara berjalnnya yang lambat inilah yang menjadikan kura-kura banyak disukai oleh orang-orang. Ada salah satu jenis kura-kura yang sangat disukai dan menjadi hewan peliharaan favorit, yaitu kura-kura brazil. Kura-kura brazil ini memiliki bentuk tubuh yang sangat imut, tubuhnya berukuran kecil mungil sehingga untuk merawatnya juga cukup mudah. Jika anda memiliki ruangan yang tidak besar atau merupakan seseorang yang tinggal di kosan dan ingin memiliki hewan peliharaan, kura-kura brazil inilah yang cocok untuk anda jadikan hewan peliharaan anda. kura-kura brazil ini dapat hidup sampai 30 tahun jika anda merawatnya dengan baik. Nah ada beberapa cara merawat kura-kura brazil yang dapat anda baca melalui artikel ini, adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membuat kandang untuk kura-kura brazil kesayangan anda
Memelihara kura-kura brazil di dalam rumah tidak membutuhkan kandang yang berukuran besar. Anda bisa membeli tabung ataupun akuarium kecil untuk tempat tinggal kura-kura brazil kesayangan anda. Ukuran kandang yang tidak terlalu besar tidak akan menjadi masalah untuk kura-kura brazil ini, tubuhnyaa yag mungil tidak butuh ruangan yang terlalu besar. Namun meskipun demikian sebaiknya anda tetap memberikan ruang gerak yang bebas untuk agar bisa berenang dengan leluasa.

2. Jaga kebersihan kandang atau akuarium
Akuarium yang dijadikan tempat untuk kura-kura brazil harus anda desain seperti habitat aslinya agar kura-kura yang akan anda pelihara dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kura-kura sangat menyukai air yang tenang dan juga sangat senang bermain di dalam air jadi pastikan anda mengisi akuarium dengan volume yang cukup banyak atau agak tinggi agar kura-kura didalam akuarium dapat menyelam dengan sesuka hatinya. Anda juga harus menjaga kebersihan air di akuarium ini sebab jika akuarium ini kotor akan menyebabkan munculnya berbaagai macam bakteri penyebab penyakit dan tanpa anda ketahui bisa saja mengakibatkan kematian pada kura-kura brazil kesayangan anda. salah satu bakteri yang membahayakan adalah bakteri salmonella, bakteri ini dpat menyebabkan penyakit pada kura-kura anda, selain itu bakteri ini juga bisa berpindah ke tubuh atau badan manusia. Jadi pastikanlah anda selalu menjaga kebersihan kandannya.

3. Pantau pertumbuhan dan perkembangan kura-kura brazil kesayangan anda
Meskipun perawatan dari kura-kura brazil ini terbilang mudah atau tidak terlalu sulit, namun anda harus tetap memantau pertumbuhan serta perkembangan hewan peliharaan anda. Sebab hewan yang tinggal di dalam air lebih sulit di deteksi kesehatannya, agar kura-kura brazil anda tetap sehat anda harus memberinya nutrisi cukup serta selalu mengecek ketersediaan oksigen di dalam air.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar