--> Skip to main content

Cara Merawat Hewan Peliharaan – Tokek

Cara Merawat Hewan Peliharaan – Tokek
Cara Merawat Hewan Peliharaan – Tokek

Tokek adalah salah satu reptil yang sangat mudah dijumapi disekitar halaman rumah, kebun, hutan ataupun tempat-tempat terbuka lainnya. Jika anda ingin memelihara tokek namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli anda juga bisa mencarinya sendiri di alam liar. Tokek memiliki suara khas yang mencirikan dirinya. Dimana suara yang dikeluarkan oleh tokek sama seperti dia memanggil dirinya sendiri yaitu “Tokek” dengan suara yang nyaring dan agak panjang. Tidak seperti hewan reptril lainnya, memelihara tokek dirumah anda juga tidak akan terlalu merepotkan anda sebab perawatan tokek tidak serumit hewan peliharaan lainnya. Selain itu memelihara tokek dirumah anda juga bisa membuat hari-hari anda tidak terasa sepi, karena suara yang dikeluarkan oleh tokek bisa menghidupkan suasana yang semula sepi. Jika terawatt dengan baik, tokek bisa bertahan hidup 5-10 tahun lamanya. Nah apakah anda tertarik untuk memelihara tokek ? jika anda tertarik silahkan anda membaca ulasan yang ada dibawah ini, agar anda merawat tokek dengan cara yang tepat.

1. Pemilihan Kandang yang tepat
Kandang adalah salah satu komponen yang paling penting saat anda ingin memeilhara tokek, desain dan pemilahan kandang juga harus tepat. Tokek yang anda pelihara bisa kabur atau melarikan diri jika kandang yang anda guankan asal-asalan. Jangan letakkan tokek di kandang yang terbat dari rangkaian jeruji, sebab toke dapat kabur melalui celah yang terdapat pada kandang tersebut. Anda bisa menggunakan akuarium kaca dengan dengan penutup kain kasa atau strimin agar sirkulasi udaranya tetap berjalan dengan baik.

2. Desain kandang senyaman mungkin
Selain pemilihan kandang yang tepat anda juga harus bisa mendesain kandang tokek dengan sangat nyaman agar tokek yang anda pelihara mudah beradaptasi dilingkungan barunya. Pada dasar kandang sebaiknya anda sediakan substrat yang terbuat dari remahan kayu atau serutan kayu agar kondisi kandang tetap hangat dan tetap terjaga kelembabannya. Selain itu anda juga perlu menjaga keseimbangan suhu di dalam kandang, jangan sampai tokek yang anda pelihara mati akibat kepanasan ataupun kendinginan, jadi secra berkala silahkan anda menyiapkan thermometer untuk mengukur suhu di dalam kandangnya. Tokek dapat hidup di suhu 25-32 derajat Celsius. Pastikan pula kandang tokek kesyangan anda selalu dalam keadaan bersih agar terhindar dari berbagai macam parasite ataupun bakteri.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi tokek
Tidak hanya manusia saja yang membuthkan makanan, hewan peliharaan anda juga butuh makanan agar nutrisinya terpenuhi. Pastikan anda memberikan makan dan minum pada tokek anda agar tumbuh kembang tokek berjalan dengan baik. Siapkan stok serangga dan juga air bersih dikandnag tokek setiap harinya, jangan sampai tokek peliharaan anda kehabisan stok air.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar