--> Skip to main content

Khasiat Buah Manggis

Khasiat Buah Manggis
Khasiat Buah Manggis

Buah manggis adalah buah yang sangat populer di Indonesia, buah ini juga memiliki persebaran yang sangat luas. Buah manggis ini juga masih banyak tumbuh liar di hutan-hutan yang ada di Indonesia sehingga untuk mendapatkan buah ini juga tidak terlalu sulit. Belakangan ini buah manggis menjadi populer karena buah ini diketahui memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan manusia. Buah ini yang dikonsumsi adalah pada bagian isinya, namun yang memiliki banyak nutrisi meyehatkan justru pada bagian kulit buahnya. Buah manggis memiliki strukur morfologi yang unik, berbentuk bulat, memiliki warna ungu yang sangat pekat, pada bagian biji terdapat daging buah yang cukup tebal dan berwarna putih. Nah bagian yang berwarna putih adalah bagian yang bisa dikonsumsi, rasanya sangat manis namun sedikit asam dan berair.

Khasiat buah manggis untuk kesehatan tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Nah jika anda ingin mengetahui khasiat buah manggis untuk kesehatan, silahkan anda menyimak ulasan yang ada di bawah ini:

1. Mengatasi Penyakit Kanker
Di dalam buah manggis terkandung senyawa alfa mangostin, senyawa ini dapat menghambat terjadinya kanker payudara. Alfa mangostin telah diteliti oleh para ahli kesehatan, dimana senyawa ini memiliki kemampuan dapat menghambat pertumbuhan sel abnormal yang dapat membuat sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia menjadi kanker ganas.

2. Mengobati Alergi
Apakah anda sering mengalami kejadian yang tidak menyenangkan misalnya mengalami alergi ketika anda mengkonsumsi sebuah makanan atau minuman ? jika anda sering mengalami hal ini ada baiknya jika mulai sekrang anda sering mengkonsumsi buah manggis. Mengkonsumsi buah manggis ini dipercaya mampu melawan alergi. Ekstrak buah manggis dapat menghambat histamine yang memicu munculnya rasa gatal-gatal saat anda sedang alergi. Selain itu juga dapet mengurangi peradangan akibat alergi.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakt yang sering dialami oleh seseorang yang telah lanjut usia. Penderita Alzheimer biasanya mengalami hal-hal atau gejala yang sangat menonjol. Dimana penderita penyakit ini biasanya akan memunculkan gejala seperti kebingungan dan sangat sulit mengingat sesuatu, atau bisa dikatak dengan pikun. Penyakit ini bisa terjadi karena rusaknya sel saraf manusia akibat penuaan dan juga bisa disebabkan oleh bebrapa factor lain mislanya seperti rusaknya saraf otak akibat kecelakaan.

4. Mencegah TBC
semua orang tentu sudah banyakk tahu bahwa TBC adalah penyakit menular yang sangat berbahaya. Buah manggis mengandung senyawa yang mampu mencegah tubuh terserang TBC, senyawa tersebut adalah Xanthone.

5. Mencegah Peradangan
Alfa mangostin dan beta mangostin yang terkandung dalam buah manggis mampu melawan peradangan. Senyawa tersebut memiliki kemampuan menghambat produksi nitrit oksida, dimana nitrit oksida adalah suatu gas yang dapat memperburuk peradangan yang anda alami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar