--> Skip to main content

Khasiat Buah Salak

Khasiat Buah Salak
Khasiat Buah Salak

Salak adalah salah satu buah yang seringkali disajikan sebagai buah pencuci mulut. Buah ini juga sangat mudah didapatkan, pasalnya buah ini bukan termasuk kedalam buah musiman. Salak bisa anda dapatkan dan anda konsumsi hampir dispanjang musim Indonesia. Diseluruh penjuru daerah tentu juga sudah mengenal buah salak, pasalnya persebaran salak sendiri juga sangat luas. Ada banyak jenis buah salak yang ada di Indonesia, ada bebrapa salak yang rasanya sangat enak jika dikonsumsi, getapi adapula salak yang rasanya kurang enak jika dikonsumsi langsung.

Buah salak memiliki pohon yang dipenuhi dnegan duri, dan untuk kulit dari salak itu sendiri juga diselimuti oleh duri-duri halus diseluruh permukaannya. Jika ingin mengkonsumsi dan menyajikan buah salak dalam meja hidangan sebaiknya duri-duri halus tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar duri-duri pada salak tidak melukai tangan. Selain disukai oleh banyak orang, khasiat buah salah untuk kesehatan jug sangat bagus sekali. Salak memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan manusia. nah adapun khasiat yang ada daptkan ketika mengkonsumsi salak diantaranya adalah:

1. Menyehatkan Mata
Salak memiliki kandungan beta karoten didalamnya, senyawa tersebut sangat berperan penting dalam kesehatan mata seseorang. Salak ini dapat anda konsumsi langsung apabila sudah dibersihkan dari kulitnya, namun juga bisa anda olah menjadi jus supaya anda lebih mudah mencernanya. Selain beta karoten juga terdapat kandungan vitamin A dimana fungsi utama dari vitamin A ini adalah untuk membantu mempertajam penglihatan seseorang.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Berat badan seseorang seringkali berubah-ubah, berat badan yang terlau berlebihan kerap menjadi permaslahan bagi beberapa orang. Dimana orang-orang seringkali merasa kurang percaya diri apabila badannya terlalu besar ataupun gemuk. Nah salah satu cara untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengkonsumsi obat det adalah dengan mengkonsumsi salak secara rutin. Pasalnya salak adalah salah satu buah yang kaya akan serat dan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Serat sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan seseorang sehingga akan membantu anda dalam mempercepat prosese pencernaan makanan. Selain itu salak juga memiliki kandungan karbohidrat, dimana karbohidrat tersebut akan memberikan tenaga atau energy kepada anda apabila anda sedang tidak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi dan makanan lainnya.

3. Menigkatkan Daya Ingat
Nutrisis yang terkandung pada salak juga dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Senyawa atau nutrisi yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang adalah beta karoten, potasiom dan pectin. Namun yang paling berperan dalam meningkatkan daya ingat adalah senyawa pectin, dimana pektin ini mampu melancarkan darah dan meingkatkan aliran darah ke otak. Dnegan begitu tentu akan membuat saraf pada otak berfungsi dengan baik dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik.

4. Dapat Mengontrol Gula Darah
Salak mengandung senyawa pterostilbene yang memiliki peran penting dalam menurukan kadar glukosa dalam darah dan tentunya juga dapat berperan dalam mengendalikan diabetes. Penyakit diabetes saat ini adalah musuh bagi semua orang, pasalnya saat ini banhak sekali masyarakat Indonesia yang meninggal dunia akibat mengidap penyakit ini.

5. Baik Untuk Ibu Hamil
Salak akan memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas atau tidak terlalu berlebihan. Kandungan Zat besi yang terkandung dalam salah dapat mencegah anemia pada ibu hamil, selain itu salak juga sangat ampuh untuk mengatasi rasa mual yang seringkali terjadi ketika masih hamil muda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar