--> Skip to main content

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan
Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit adalah alah tanaman yang memiliki rimpang, rimpangnya seringkali dijadikan sebagai bumbu dapur dan juga digunakan untuk membuat ramuan jamu atau obat-obatan tradisonal. Rimpang kunyit berwarna orange atau kuning pekat, warna yang dihasilkan oleh kunyit ini sangat bagus sekali. Oleh sebab itu kunyit sering digunakan untuk pewaran alami pada saat memasak ataupun pewarna lami dalam makanan. Cara menanam kunyit juga tidaklah sulit, anda bissa memperbanyak kunyit dengan menggunakan rimpangnya, kemudian anda siangi secara berkala dengan begitu akan muncul tunas baru dan berangsur-angsur akan bertambah besar dan rimpangnya juga bertambah banyak.

Kunyit memiliki banyak kegunaan lain dan memberikan khaasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. oleh sebab itu kunyit banyak ditanam oleh orang-orang sebagai tanaman obat keluarga, adapun khasiat kunyit untuk kesehatan manusia adalah sebagai berikut:

1. Meredakan Peradangan
Kunyit mengandung banyak senyawa baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, didalam rimpang kunyit mengandung zat aktif kurkumin atau bisa anda sebut dengan antioksidan yang dapat meredakan peradangan. Jika anda mengkonsumsi 200 miligram kurkumin anda sudah mengambil langkah bagus, sebab anda telah memblokir sitokin atau enzim yang dapat meyebabkan inflamasi dalam tubuh manusia.

2. Membantu Mengobati Sakit Maag
Sakit maag memang sulit untuk diobati, paslanya penyakit ini sama seperti penyakit musiman, maskudnya adalah jika sekarang sudah bisa diatasi atau diobati ada suatu waktu nanti akan kambuh lagi. Sakit maag ini awalmulanya diakibatkan karena anda telat makan atau menjalani pola hidup yang tidak sehat. Sakit maag ini terjadi apabila kondisi asam di dalam lambung meningkat dan mengkatnya asam lambung ini juga bisa mengakibatkan peradangan. Nah peradangan ini bisa atsasi dengan mengkonsumsi kunyit. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan produksi cairan empedu yang berlebih.

3. Meredakan Nyeri Haid
Bagi kaum wanita nyeri pada saat haid memang sudah menjadi hal biasa, namun hal ini seringkali membuat seseorang menjadi sangat kesakitan dan lebih sensitive. Bagi sseorang laki-laki hal ini memang dianggap biasa atau mungkin ada yang menganggap bahwa seorrang wanita yang kesakitan saat haid hanyalah mencari perhatian saja. Namun memang benar bhawa ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami kesakitan pada waktu haid, hal itu jika dibiarkan akan menimbulkan maslaah yang cukup serius. Jika anda seorang wanita yang kesakitas setipa kali haid atau menstruasi sebaiknya anda segera memriksannya ke dokter agar anda mengetahui penyebabnya. Namun anda juga bisa mengatasi neyeri haid ini dnegan mengkonsumsi kunyit, seperti yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat merdekan peradangan dalam hal ini tentu juga dpat meredaka nyeri ketika siklus haid tiba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar