--> Skip to main content

Khasiat Rimpang Jahe untuk kesehatan

Khasiat Rimpang Jahe untuk kesehatan
Khasiat Rimpang Jahe untuk kesehatan

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang paling sering digunakan. Jahe memiliki banyak sekali kegunaan serta memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Jahe seringkali dijadikan bumbu rempah, pemberi aroma pada makanan atau minuman dan juga digunakan sebagai obat herbal. Jahe memiliki aroma yang khas, yaitu wangi rempah yang segar, melegakan dan menghangatkan. Jika digunakan sebagai bumbu masakan citarasanya akan sangat enak dan bisa mengurangi bau ambi ataupun bau yang mengurangi selera makan.

Jahe memiliki beberapa jenis, namun masing-masing spesies juga memiliki manfaat yang hampir sama meskipun ada beberapa manfaat yang berbeda. Saat diseduh untuk dijadikan wedang atau minuman, akan tercium aroma jahe yang sangat melegakan, pasalnya saat diseduh dan diminum aka nada sensai panas atau hangat dari dalam tubuh hal ini bisa terjadi karena ada beberapa senyawa yang terkandung dalam jahe. Masing-masing senyawa yang terkadnung dalam jahe memiliki tugas atau fungsi masing-masing, sehingga jahe ini sangat mujarab apabila dijadikan sebagai obat herbal. Khasiat rimpang jahe untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Meredakan Gejala Batuk
Jahe memiliki sensai hangat, yang tentu apabla digunakan untuk mengobati gejala batuk akan sangat efektif. Didalam jahe terdapat kandungan senyawa flavonoid yang ampuh mengatasi gejala batuk sebab scara umum flavonoid ini memiliki sifat anti peradangan. Biasanya seseorang yang mengalami gejala batuk-batuk memiliki masalah pada tenggorokan misalnya seperti tenggorokan terasa kering, gatal dan juga mengalami radang tenggorokan. Jika anda mengkonsumsi jahe tentu akan sedikit membantu menyekesaikan masalah yang anda alami, pasalnya kebanyakan obat batuk juga selalu menggunakan atau mengkombinasikan jahe untuk ramuan herbalnya.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tentuu akan membuat berat badan anda menjdai semakin bertambah, selain itu tentu kandungan kolesterol dalam tubuh juga akan langsung meningkat. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan memberikan dampak atau efek yang tidak baik bagi kesehatan, jadi agar anda tidak menyesalinya sebaiknya anda mulai belajar untuk mengkonsumsi makanan sehat. Namun bagi anda yang sudah terlanjur memiliki kandungan kolesterol tinggi dalam gula darah, ada baiknya bila anda mulai mengkonsumsi jahe untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Meringankan Sakit Kepala
Jika anda sering merasa sakit kepala dan menggangu aktifitas anda, sebaiknya anda langsung mencari tahu apa penyebabnya. Namun apabila anda tidak mengalami maslaah serius dan hanya merasakan nyeri atau pusing ada bainya bila anda mengkonsumsi wedang jahe. Sensasi hangat dari jahe dapat membantu anda meringankan sakit kepala, selain itu aroma dari jahe juga akan sangat melegakan dan dapat mngurangi stress.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar