--> Skip to main content

Khasiat Tanaman Cengkeh

Khasiat Tanaman Cengkeh
Khasiat Tanaman Cengkeh

Apakah anda mengetahui manfaat lain dari tanaman cengkeh selain untuk digunakan sebagai rempah-rempah? Cengkeh adalah salah satu tanaman yang banyak mengandung nutrisi baik untun tubuh manusia. Cengkeh memiliki rasa dan aroma yang khas, aroma cengkeh membuat maskan menjadi lebih sedap dan wangi, rasanya yang sedikit manis juga dapat membuat rasa dari masakan anda menjadi lebih lezat. cengkeh juga merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kalori, dimana bila anda mengkonsumsi 2 gram cengkeh anda akan mendapatkan energy sebesar 21 kalori. Tidak hanya itu saja, cengkeh juga mengandung nutrisi baik lainnya seperti vitamin K, vitamin C, Kalsium, magnesium dan vitamin E.

Nutrisi yang terkandung dalam cengkeh memiliki banyak sekali khasiat, adapun khasiat tanaman cengkeh untuk kesehatan bisa anda baca pada ulasan artikel yang ada di bawah ini:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Khasiat cengkeh untuk kesehatan tidak bisa anda ragukan lagi, salah satunya adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Masalah pencernaan seringkali teradi dikehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena banyak sekali makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan, yang biasanya makanan atau minuman yang anda konsumsi mengandung racun ataupun senyawa lain yang tidak baik untuk sistem pencernaan anda. Nah jika anda mengalami keluhan yang berkaitan dengan sistem pencernaan, anda bisa mengkonsumsi cengkeh dengan berbagai cara misalnya digunakan untuk ramuan jamu, atau masaklah masakan yang biasanya menggunakan cengkeh sebagai bumbunya. Dengan demikian nantinya sistem pencernaan anda akan segera membaik.

2. Melindungi Fungsi Hati
Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, cengkeh juga dapat melindungi fungsi hati dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Cengkeh dapat melindungi hati anda dari radikal bebas yang masuk kedalam fungsi hati anda. radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah dapat menyebabkan turunnya fungsi hati. Hati adalah organ tubuh yang sangat penting, dimana apabila fungsi hati anda mengalami penurunan maka sistem organ lainnya juga akan terkena imbasnya dan menyebabkan penyakit komplikasi.

3. Menguatkan Tulang
Kesehatan tulang memang haru selalu anda utamakan, dimana jika tulang pada tubuh anda mengalami maslaah atau sakit tentu anda tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik. Tulang adalah tumpuan makhluk hidup untuk melakukan berbagai macam aktifitas, dan menjaga tulang agar tetap sehat juga tidak sulit. Anda harus sering-sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung kalsium, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi cengkeh. Mengkonsumsi cengkeh sangat baik untuk mencegah ataupun mengobati seseorang yang menderita osteoporosis, sebab cengkeh mengandung hidrokarbon yang dapat menguatkan tulang dan juga menjaga kepadatan tulang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar