--> Skip to main content

Khasiat Tanaman Kubis untuk kesehatan

Khasiat Tanaman Kubis untuk kesehatan
Khasiat Tanaman Kubis untuk kesehatan

Semua orang tentu sudah sangat familiar dengan tanaman yang satu ini, kubis adalah salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun adapula beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi kubis karena memiliki masalah kesehatan tertentu. Kubis memang memiliki citarasa yang enak dan menyegarkan apabila di olah menjadi makanan. Kubis sangat enak apabila di dijadikan campuran saat memasak sop ataupun soto, tidak hanya itu saja kubis juga enak dijadikan campuran saat memasak sayuran lainnya. Ada beberapa alasan kubis dilarang untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah kesehatan salah satu alasannya adalah karena kubis dapat memicu produksi gas yang berlebih dalam perut apabila terlalu banyak dikonsumsi.

Kubis adalah sayuran yang berwarna putih ketika masih sangat muda, namun lama kelamaan akan menjadi hijau dan memodifikasi bagiannya menjadi daun. Meskipun demikan, kubis juga tidak kalah dengan sayuran hijau lainnya. Di bawah ini ada beberapa manfaat kubis bagi kesehatan tubuh manusia, adapun diantaranya adalah:

1. Mengatasi Masalah Peradangan
Salah satu senyawa yang terdapat dalam kubis adalah glutamine, dimana senyawa ini merupakan salah satu zat anti peradangan. Mengkonsumsi makanan ataupun sayuran yang mengandung glutamin bisa mengurangi resiko alergi, demam dan masalah kulit. Seorang ibu yang baru melahirrkan sangat dianjurkan untuuk mengkonsumsi kubis sebab dengan mengkonsumsi kubis bisa mengurangi peradangan pada payudaranya.

2. Melancarkan Peredaran Darah
Salah satu yang mengakibatkan peradangan adalah karena sirkulasi darah yang tidak lancer, nah ada yang perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi kubis dapat membantu melancarkan peredaran darah. Kubis mengandung Potasium yang akan membantu melonggarkan pembuluh darah, hal ini tentunya akan membantu untuk mengontrol tekanan darah dan juga dapat menurunkan resiko stroke atau serangan jantung.

3. Mencegah Kanker
Kubis dapat mencegah aktifnya sel kanker pada tubuh anda, paslanya kubis banyak mengandung antioksidan yang dapat menagkal radikal bebas. Salah satu penyebab aktifnya sel kanker adalah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh,dengan mengkonsumsi kubis secara berkala anda dapat mengurangi resiko serangan kanker.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan senyawa beta karoten di dalam kubis dapat menjaga kesehatan mata serta dapat mencegah penyakit katarak. Jika saat ini anda mnegalami penurunan penglihatan, ada baiknya bila anda mulai mengkonsumsi kubis sebab dengan begitu dapat membantu anda dalam memeprbaiki kondisi mata anda agar normal kembali.

5. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang berlebih seringkali menjadi masalah yang dianggap serius oleh banyak orang, pasalnya jika seseorang bertubuh gemuk menjadi kurang percaya diri. Nah jika anda ingin memiliki tubuh langsing, anda bisa menjalankan program diet dengan mengkonsumsi kubis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar