--> Skip to main content

Khasiat Tanaman Terong untuk kesehatan

Khasiat Tanaman Terong untuk kesehatan
Khasiat Tanaman Terong untuk kesehatan

Berbicara soal terong tentu menimbulkan sebuah pertanyaan, dimana terong seringkali diesbut sebagai sayuran namun sebenarnya terong termasuk kedalam jenis buah-buahan. Terong memiliki banyak manfaat baik kesehatan manusia, namun ternyata banyak orang yang belum tahu akan manfaatnya. Terong memeiliki bebrapa jenis spesies, ada yang berukuran besar, kecil dan juga memiliki warna yang bervariasi. Terong bisa diolah menjadi berbagai macam makanan nikmat, misalnya seperti digoreng, ditumis, dikukus, disambal balado, dimakan untuk lalapan dan lain-lain. 

Ada beberapa hal tentunya perlu diketahui, dimana cara memasak bisa mempengaruhi kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat pada sayur ataupun buah. Jadi sebelum anda mengknsumsinya sebaiknya anda mengetahui cara mengolah makanan yang tepat agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran yang anda masak tidak hilang dan bisa bermanfaat untuk tubuh anda. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi terong, adapun dianataranya yaitu:

1. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol memang seringkali menjadi masalah kesehatan yang serius apabila tidak diatasi atau dicegah. Jika anda mengolah terong dengan tepat, terong yang anda konsumsi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bila anda ingin menurunkan kadar kolesterol, anda bisa mengolah terong dengan cara merebus atau mengukusnya. Tidak hanya terongnya saja yang bisa anda nikmati, air rebusannya juga bisa anda minum, karena di dalam air rebusan juga terdapat nutrisi yang telah larut dalam air.

2. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Rheumatoid Arthritis
Nyeri akibat rheumatid arthritis memang sangat tidak menyenangkan, paslanya ruang gerak menjadi terganggu dan terbatas. Seringkali seseorang yang menyandang masalah kesehatan seperti ini sangat kesakitan saat berjalan jauh ataupun melakukan aktifitas yang terlalu berat. Hal ini tentu akan membuat hari-hari anda menjadi terganggu, jika anda ingin mengobati atau mengatasi maslah seperti itu tanpa mengkonsumsi obat anda bisa mengkonsumsi air rebusan terong secara rutin. Air rebusan terong yang anda minum ini termasuk kedalam pengobatan alami atau herbal, sebab di dalam terong terdapat salah satu senyawa yang dapat menguranhgi peradangan, senyawa tersebut adalah Klorogenat.

3. Menyehatkan Kulit
Memiliki kulit yang sehat dan lembut memang impian semua orang, pasalnya banyak orang yang melakukan perawatan kulit hanya ingin terlihat lebih cantik dengan kulit yang lebih bercahaya. Tidak hanya dengan lotion ataupun serum pemutihan saja yang dapat mencerahkan kulit. Mengkonsumsi terong juga dapat membuat kulit anda tampak lebih lembut dan lembab. Terong mengandung antioksidan yang kurang lebihnya tersusun atas 92% air. Selain itu terong juga mengandung vitamin E yang mana juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan juga bisa mencegah penuaan dini ketika terlalu sering terpapar sinar matahari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar