--> Skip to main content

Tips Merawat Burung Loverbird

Tips Merawat Burung Loverbird
Tips Merawat Burung Loverbird


Lovebird belakangan ini menjadi buruan para pecinta burung, lovebird ini merupakan hewan yang dijadikan peliharaan karena penampilan fisiknya yang cantik dan sikapnya yang sangat manis. Lovebird adalah burung yang snagat jinak dan manja dengan pemiliknya, jadi saat anda memelihara lovebird sebaiknya anda harus memusatkan perhatian dan juga meluangkan waktu yang cukup untuk merawatnya. Jika anda msih pemula sebaiknya belajar bagaimana cara merawat hean peliharaan khususnya untuk jenis burung lovebird. Memelihara hewan tidak bisa jika hanya untuk iseng-iseng saja, sebab jika demikan justru anda akan menyiksa dan burung peliharaan anda. nah agar anda tidak gagal dalam memelihara lovebird, sebaiknya anda simak ulasan di bawah ini yang akan membahas tentang cara merawat hewan peliharaan lovebird, adapun caranya adalah:

1. Periksakan kesehatannya pada dokter hewan dan berilah nutrisi yang cukup
Lovebird yang baru saja anda beli bisa saja memiliki beberapa masalah kesehatan, oleh sebab itu sebaiknya anda membawanya terlebih dahulu ke dokter hewan atau ahli burung agar di cek kondisi kesehatannya. Tidak hanya pada saat pertamakali anda merawatnya tetapi juga harus anda periksakan secara berkala atau teratur agar kesehatan lovebird anda bisa terpantau dengan baik. Lovebird juga butuh nutrisi yang cukup dan seimbang, oleh sebab itu siapkan stok makanan yang sesuai untuk lovebird kesayangan anda. saat ini banayk sekali makanan yang telah dibuat khusus untuk aneka macam burung, nah dengan demikian anda juga bisa membeli makanan untuk jenis burung tertentu misalnya khusus untuk lovebird agar kebutuhan nutrisinya sudah terjamin. Selain itu juga untuk menghindari resiko yang tidak menyenangkan mislanya seperti masalah pencernaan.

2. Menyediakan kandang dengan luas yang cukup
Lovebird adalah burung yang sangat aktif dan banyak tingkah (lincah). Siapkanlah kandang dengan luas yang cukup untuk menampung lovebird anda, tidak perlu dengan ukuran yang sangat besar anda hanya butuh menyiapkan kandang dengan ukuran yang muat 2 atau 1 ekor burung dan juga menyiapkan ranting di dalam kandang tersebut. Tujuan meletakkan ranting di dalam kandang adalah agar burung lovebird kesayangan anda bisa bermain dan juga agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

3. Letakkan kandang di tempat yang aman
Lovebird adalah burung yang ukuranya tidak terlalu besar, jadi otomatis kandanya juga tidak terlalu besar dan bisa di gantungkan. Lovebird memiliki daya tahan tubuh yang sangat sensitive oleh sebab itu jauhkan burung kesayangan anda dari lantai, aliran angina, jendela dana dapur. burung lovebird akan mudah merasa kedinginan dan mudah sekali terkena flu, jadi anda bisa menyiapkan penutup kandang agar pada saat malam hari lovebird kesayangan anda tidak merasa kedinginan. Pastikan anda menjemur lovebird sekaligus dengan kandnagnya secara berkala, karena dengan begitu anda bisa menghangatkan tubuhnya dan juga mencegah adanya parasit di kandang dan juga di tubuh lovebird.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar