--> Skip to main content

Tips Merawat Hamster

Tips Merawat Hamster
Tips Merawat Hamster

Memiliki tipikal menggemaskan dan sangat lucu membuat hamster memiliki daya tarik yang spesial dimata banyak orang. Ukurannya yang mungil membuat hamster ini menjadi hewan peliharaan favorit karena sudah pasti untuk memeliharanya tidak membutuhkan ruang yang luas. Umur hamster peliharaan biasanya dpat mencapai 2 sampai 4 tahun jika dirawat dengan tata cara yang benar. Selain menggemaskan dan lucu, hamster ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga membuat banyak orang semakin jatuh cinta dnegan hewan yang satu ini. Cara memelihara dan perawatan dari si mungil ini juga tidak terlalu sulit sehingga biaya perawatannya juga tidak semahal dan sebanyak hewan-hewan peliharaan lainnya.

Namun bagi Anda pecinta hewan peliharaan yang satu ini tetap harus memahami bagaimana cara merawat hamster yang baik dan tepat agar hamster yang Anda pelihara memiliki umur panjang dan tetap sehat. Meskipun mudah beradaptasi hewan peliharaan satu ini memiliki kondisi kesehatan yang sangat sensitive, jadi Anda harus merawatnya dengan perawatan yang intensif. Nah di bawah ini ada beberapa cara merawat hewan peliharaan terkhusus untuk hamster, adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Wajib memiliki kandang
Jika Anda memelihara hamster, pastikan Anda sudah memiliki kandang sebagai tempat tinggal dari si hamster. Pilihlah kandang yang tidak terlalu besar namun cukup memiliki ruang gerak bebas untuk si hamster. Nah untuk pemilihan kandang hamster Anda juga harus teliti, hamster lebih cocok diletakkan di kandang tanpa jeruji sebab biasanya si hamster ini suka sekali menggigit jeruji yang ada dikandangnya dan justru hal ini akan membuat si hamter melukai moncongnya. Jika Anda ingin hamster Anda tetap baik-baik saja dan tetap dalam kondisi aman, Anda bisa menggunakan kandang seperti akuarium yang pastinya akan membuat hamster Anda lebih merasa nyaman tinggal di kandangnya. Disarankan Anda juga harus memberikan mainan atau aksesoris tambahan pada kandang hamster Anda misalnya seperti roda putar atau mainan lainnya, sebab hamster sangat menyukai roda putar dan senan bermain-main di dalam kandang.

2. Letakkan di tempat aman
Hamster adalah hewan peliharaan yang memiliki ukuran tubuh sangat mungil, sehingga hewan yang satu ini sangat riskan dimakan oleh hewan lainnya mislanya seperti kucing ataupun anjing. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda meletakkan hamster kesayangan Anda di tempat yang aman.

3. Jangan asal mencampur hamster
Hamster memiliki beberapa jenis, dan jika Anda memelihara hamster sebaiknya Anda memahaminya terlebih dahulu apakah hamster yang Anda pelihara satu jenis atau tidak. Sebab jika Anda mencampur hamster dengan dua atau tiga jenis berbeda dalam satu kandang hal itu tidak akan berhasil atau tidak akan berdampak baik.

Nah itulah beberapa cara yang dapat diulas tentan cara merawat hewan peliharaan terkhususnya untuk hamster. Semoga artikel ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar