--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Daun Bawang Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Daun Bawang Yang Cepat Panen
daun bawang (sumber wikipedia)

Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan sebagai penyedap makanan. Daun bawang menambahkan cita rasa yang khas pada makanan yang dimasak secara bersamaan. Masyarakat Indonesia seringkali menggunakan daun bawang untuk membuat makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Rasanya yang lezat tentu membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya. 

Jenis sayuran yang satu ini benar-benar memiliki keistimewaan tersendiri. Anda bisa menemukan olahannya di berbagai macam makanan seperti martabak telur, sup, bumbu dapur pada soto, dan makanan lainnya. Daun bawang sering dikonsumsi oleh orang-orang setiap harinya. 

Untuk anda yang suka dengan daun bawang, jangan membeli saja tetapi sebaiknya mencoba untuk membudidayakannya sendiri. Jika menanam sendiri tentu akan lebih efektif tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya. 

Untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman daun bawang, anda harus memahami beberapa hal supaya tanaman daun bawang berhasil tumbuh dengan baik. Jika anda mampu melakukannya, hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda. 

Persiapan Lahan Yang Digunakan 
Dalam proses budidaya tanaman daun bawang, hal penting yang harus anda persiapkan adalah lahan yang akan digunakan. Anda harus memastikan bahwa kondisi lahan sudah dalam kondisi baik. Kondisi lahan yang baik meliputi : 
1. Tanah Menanam daun bawang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan tanah biasa, hal ini akan membuat tanaman tersebut mati bilamana anda salah memilih tanah yang digunakan. Pastikan anda harus memilih tanah yang cocok untuk penanaman daun bawang supaya dapat mudah tumbuh dengan baik. 
2. Pupuk Kandang Supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik, maka anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Media yang satu ini sangat membantu untuk kesuburan tanaman nantinya. Anda bisa menggunakan jenis pupuk kandang yang sudah lama difermentasi, hal ini dikarenakan kandungan dari pupuk kandang yang lama lebih baik dibandingkan pupuk kandang yang baru mengambil. 

Untuk menyiapkan lahan secara efektif, anda bisa menggunakan beberapa peralatan yang dapat membantu seperti cangkul, ember, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses persiapan lahan akan selesai dengan cepat. Seperti Apa Bibit Daun Bawang Yang Baik? 

Sebuah tanaman akan menghasilkan kualitas yang baik apabila bibit yang didapatkan juga baik. Begitu juga dalam pembudidayaan tanaman daun bawang, anda harus mengiapkan bibit yang berkualitas supaya hasil yang didapatkan nantinya juga memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, anda harus mengetahui seperti apa karakteristik dari bibit daun bawang yang baik dan berkualitas. 

Bibit yang baik terlihat segar dan bersih, dimana tidak ada gejala seperti tanaman daun bawang yang rusak atau hal lain. Jika anda ingin mendapatkan bibit yang berkualitas, anda bisa langsung membelinya saja di pasar atau tempat pembudidayaan tanaman daun bawang. Biasanya di toko penjualan bibit tanaman daun bawang sudah melakukan sterilisasi dengan baik dan unggul yang menjadikan tanaman daun bawang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Proses Penanaman 
Bilamana anda sudah mendapatkan bibit yang berkualitas, maka anda tinggal melakukan proses penanaman. Untuk penanaman bibit daun bawang juga tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Anda harus berhati-hati dalam menanamnya supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 
Ambil bibit daun bawang dan mulai ditanam ke dalam tanah yang sudah disediakan. Pastikan anda melakukannya secara hati-hati dan jangan sampai putus. Jika anda melakukan penyemaian bibit di dalam polybag, sebaiknya congkel saja dengan tanahnya sekaligus supaya tidak merusak tanaman tersebut. 
Untuk lubang tanah yang akan digunakan buat secukupnya saja, untuk waktu penanaman yang baik alangkah baiknya dilakukan pada sore hari. Setelah itu, anda bisa langsung menyiramnya agar tanaman langsung mendapatkan nutrisi yang baik. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh dengan baik pastinya. 

Merawat Tanaman Daun Bawang 
Apabila anda sudah menanam tanaman daun bawang, anda jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan. Tujuan dari dilakukannya perawatan pada tanaman bawang adalah untuk menjaga kondisi tanaman supaya tetap sehat dan tumbuh dengan baik hingga proses pemanenan nantinya. Perawatan yang dapat anda lakukan meliputi: 
- Penyiraman 
Perawatan yang paling penting untuk menjaga kondisi tanaman daun bawang supaya tetap segar adalah dengan melakukan penyiraman. Lakukan sehari dua kali supaya lebih efektif di waktu pagi dan juga sore. Dengan begitu, tanaman daun bawang akan terus mendapatkan kesegaran untuk tumbuh dengan cepat. 
- Pemupukan 
Jika anda menginginkan hasil tanaman daun bawang yang berkualitas baik, maka anda harus melakukan pemupukan. Dengan memupuk tanaman akan dapat membantu proses pertumbuhan daun bawang menjadi lebih cepat. Selain itu, hasil yang didapatkan juga memiliki kualitas yang unggul. Seperti halnya ukuran yang lebih besar dan juga tanaman akan lebih segar. 
- Pemberantasan Hama
Hama menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tanaman daun bawang yang anda budidayakan. Apabila terdapat tanaman daun bawang yang terkena hama, biasanya tanaman tersebut akan mati. Hal ini tentu akan menjadikan kerugian bagi anda bilamana tidak melakukan tindakan pemberantasan hama. 

Untuk memberantas hama yang menyerang tanaman daun bawang sangatlah mudah dilakukan. Anda harus sering mengecek kondisi tanaman, bilamana ada gejala seperti daun yang menguning atau apapun itu, anda bisa segera memberantasnya. Selain itu, anda bisa melakukannya dengan obat pemberantas hama. Anda bisa membelinya di toko yang menjual obat tersebut. Dengan begitu, hama akan mati dan tanaman akan tetap tumbuh hingga proses pemanenan. 

Proses Pemanenan 
Untuk proses pemanenan tanaman daun bawang dapat dilakukan ketika umur sudah sekitar 75 hari. Anda dapat mengetahuinya melalui warna daun bawang yang sudah hijau dan juga ukurannya yang besar. Biasanya pada bagian pucuk daun akan mulai menguning dan anda harus segera memanennya sebelum semuanya menguning. 
Sementara untuk pemanenan yang ditanam di rumahan, anda bisa langsung memanennya saja ketika tanaman daun bawang sudah bewarna hijau tua. Sisakan sedikit anakannya supaya dapat tumbuh kembali di waktu yang akan datang. 

Manfaat Daun Bawang 
Daun bawang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, sangat baik bagi anda bila mengonsumsi daun bawang secara rutin. Salah satu manfaatnya adalah untuk menyehatkan pencernaan tubuh. Bila anda mengalami masalah pencernaan, mengonsumsi daun bawang menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. 

Selain itu, daun bawang juga dapat mencegah penyakit jantung. Akan sangat penting bila anda mengonsumsinya karena penyakit jantung tidak bisa dianggap remeh. Daun bawang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akan sangat bermanfaat bagi tubuh anda bila mengonsumsi daun bawang. 

Untuk mengonsumsinya, anda tidak harus memakan daun bawang secara langsung. Biasanya daun bawang dicampurkan di beberapa olahan seperti mendoan, martabak, dan lain sebagainya. Cita rasa yang dihasilkan juga lebih nikmat bilamana menambahkan daun bawang di setiap makanan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar