--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Ketumbar Yang Cepat Panen

tanaman ketumbar (sumber wikipedia)

Ketumbar menjadi salah satu rempah-rempah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan bahan makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadi daya tarik bagi banyak ornag untuk mengonsumsinya. Ketumbar seringkali dijumpai di dapur sebagai penyedap makanan. Dengan ditambahkannya ketumbar, rasanya akan semakin lezat.

Di Indonesia ada banyak sekali orang-orang yang membudidayakan tanaman ketumbar. Namun tidak semuanya bisa menjalankannya dengan tepat dan berhasil. Banyak dari merkeka yang gagal dalam membudidayakan tanaman ketumbar akibat ceroboh dan tidak tahu bagaimana cara menanamnya yang baik dan benar.

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya untuk membudidayakan tanaman ketumbar supaya cepat panen. Selain itu, tanaman ketumbar yang dibudidayakan juga harus memberikan hasil yang berkualitas. Dengan begitu, orang-orang yang akan menikmatinya akan suka. Ketumbar yang berkualitas baik juga akan memiliki cita rasa yang lebih baik.

Persiapan Lahan Tanaman Ketumbar

Lahan menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan proses penanaman ketumbar. Untuk lahan yang dibutuhkan yaitu sesuai dengan keinginan anda. Semakin luas lahan yang digunakan maka semakin besar hasil panen ketumbar yang akan didapatkan nantinya.

Lahan yang efektif digunakan untuk tanaman ketumbar yaitu memiliki tanah yang gembur atau subur. Tanah biasa saja tidak akan membuat ketumbar tumbuh karena tidak mengandung zat aktif di dalamnya. Supaya tanah semakin efektif digunakan, menambahkan pupuk kandang menjadi hal yang sangat efektif. Dengan begitu, lahan siap digunakan untuk tanaman ketumbar.

Persiapan Bibit Ketumbar

Persiapan bibit menjadi salah satu langkah yang penting untuk dilakukan dalam budidaya tanaman ketumbar. Bibit yang berkualitas menjadi pilihan yang paling efektif untuk digunakan. Untuk mendapatkan bibit tersebut, ada banyak sekali penjual bibit ketumbar, disitu anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya bibit yang didapatkan setelah membelinya tercampur dengan bagian-bagian lainnya yang juga rusak. Untuk itu, sebelum proses penanaman dilakukan anda harus melakukan pemilihan terlebih dahulu. Pilih bibit ketumbar yang terlihat segar dan tidak ada cacat pada bijinya.

Rendam biji yang sudah dipilih selama 2 – 12 jam. Siapkan polybag sesuai dengan ukuran yang pas, masukan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk dengan kedalaman sekitar 2 cm. Kurang lebih dalam waktu 10 hari biji akan mulai tumbuh secara efektif.

Tanam Bibit Ketumbar

Jika bibit sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit ketumbar ke lahan yang sudah disiapkan. Buatlah lubang terlebih dahulu dengan kedalamam sekitar 30 cm dengan menggunakan panja atau gejig. Jangan lupa juga untuk membersihkan gulma yang terdapat di tanah supaya tanaman dapat tumbuh dnegan baik.

Untuk waktu penanaman yang paling tepat adalah sore hari, dimana waktu tersebut akan menghindari tanaman dari terik sinar matahari. Berbeda jika anda menanamnya di pagi hari yang nantinya tanaman akan terkena panasnya sinar matahari di waktu siang yang dapat menyebabkan layu pada tanaman. Setelah penanaman dilakukan, jangan lupa untuk langsung melakukan penyiraman supaya tanah menjadi lembab dan tumbuhan mendapatkan nutrisi yang baik.

Perawatan Tanaman Ketumbar

Budidaya tanaman ketumbar tidak hanya menanamnya saja, melainkan perawatan yang baik juga harus anda lakukan. Tujuan dilakukannya perawatan yaitu agar tanaman ketumbar bisa menghasilkan kualitas yang baik. Akan berbeda hasilnya antara tanaman ketumbar yang dirawat dengan yang tidak dirawat.

Perawatan tanaman ketumbar meliputi :

1. Penyiraman 

Penyiraman menjadi salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan namun memiliki peran yang sangat penting untuk kesuburan tanaman. Jika anda lalai melakukan penyiraman, maka tanaman akan mudah mati dan sulit tumbuh dengan baik. Air mengandung nutrisi yang dapat membuat tanaman lebih mudah untuk tumbuh.

Untuk penyiraman dilakukan secara rutin sehari dua kali, yakni pada waktu pagi dan sore hari. Sangat penting bagi anda untuk melakukan penyiraman tanaman ketumbar supaya hasil yang didapatkan memiliki kualitas unggul.

2. Pemupukan

Selain penyiraman, pemupukan juga menjadi salah satu perawatan yang paling penting untuk anda lakukan. Tanaman ketumbar akan tumbuh dengan baik bilamana perawatan yang dilakukannya baik. Salah satunya adalah ketumbar yang dihasilkan terkadang kualitasnya ada yang kurang baik.

Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pemupukan yang dilakukan pada tanaman ketumbar. Pupuk mengandung banyak zat yang dapat membuat ketumbar memiliki kualitas yang berkualitas. Untuk pemupukan dapat dilakukan secara berkala baik itu seminggu sekali atau waktu yang pas. Ketika umur masih muda, sebaiknya anda seringkali memberikan pupuk supaya dapat tumbuh dengan cepat.

3. Pemberantasan Hama

Salah satu hal yang paling menyebalkan bilamana merawat sebuah tanaman adalah adanya hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Hal itu seringkali terjadi pada tanaman ketumbar, dimana ketumbar yang dihasilkan terkadang bolong atau menghasilkan buah seperti bubuk saja. Hal seperti ini tentu tidak ada yang menginginkannya.

Maka dari itu, anda harus melakukan tindakan segera mungkin supaya tanaman tidak terganggu pertumbuhannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberantas hama dengan menggunakan obat khusus. Ada obat hama yang bisa anda dapatkan di toko terdekat. Pastikan obat yang digunakan sesuai dengan jenis hama yang mengganggu tanaman.

4. Pemangkasan

Perawatan tanaman ketumbar yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah pemangkasan. Salah satu tujuannya adalah memberikan percabangan pada tanaman agar bisa menghasilkan ketumbar yang lebih banyak. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang yang membudidayakan tanaman ketumbar. 

Lakukan pemangkasan pada tanaman ketumbar yang sudah tumbuh sekitar 2-3 inci. Jika ada tanaman yang tumbuh kecil-kecil, cabut saja tanaman tersebut supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman yang sudah besar. Dengan melakukan pemangkasan akan menjadikan tanaman ketumbar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perawatan tersebut dapat anda lakukan dengan mudah. Pastikan anda melakukannya dengan benar supaya tanaman ketumbar bisa menghasilkan buah yang berkualitas sesuai yang diharapkan pembudidayanya.

Panen Ketumbar

Ketumbar akan menghasilkan kualitas yang baik apabila anda melakukan budidaya tanaman ini dengan baik. Ketumbar yang sudah dapat dipanen kurang lebih memiliki umur 3,3 – 5 bulan. Warnanya coklat dan ketinggiannya sudah mencapai 4 – 6 inci. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memotong atau mencabut tanaman ketumbar kemudian didiamkan kurang lebih selama seminggu. 

Setelah seminggu dibiarkan, lepas buah tersebut dan biarkan bijinya sampai mengering. Banyaknya hasil panen yang didapatkan tergantung dari proses budidaya yang anda lakukan mulai dari persiapan lahan hingga perawatan yang dilakukan.

Demikian beberapa informasi mengenai cara budidaya tanaman ketumbar yang dapat kami sampaikan. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, anda akan mendapatkan hasil ketumbar yang berkualitas baik sesuai yang diharapkan. 

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar