--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Laos Yang Cepat Panen

tanaman laos (sumber wikipedia)

Laos merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Laos sendiri seringkali dijadikan penyedap makanan dan juga obat-obatan bagi manusia. Kandungan gizinya yang cukup tinggi menjadikan laos banyak diminati oleh orang-orang untuk mengonsumsinya.

Laos dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun tinggi, banyak orang yang menanam laos di sekitar rumah karena sangat mudah untuk proses penanamannya dan juga pemeliharaannya. Akan tetapi, jika anda menginginkan tanaman laos dalam jumlah yang banyak, alangkah baiknya budidayakan di lahan tertentu yang bisa menampung dalam jumlah yang banyak.

Untuk membudidayakan tanaman yang satu ini tentu tidaklah mudah, ada hal penting yang harus anda pahami agar budidaya tanaman laos yang dilakukan berhasil. Banyak dari mereka yang gagal melakukan budidaya laos akibat tidak mengetahui cara menanamnya hingga pemeliharaan. Hal tersebut akan menjadikan anda rugi jika gagal dalam membudidayakan tanaman laos.

Persiapan Bibit

Bibit laos atau lengkuas menjadi hal penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Untuk pemilihan bibit diambil dari tanaman induk yang sudah berumur tua. Pastikan juga tanaman tersebut tidak mengandung hama dan penyakit. Untuk umur tanaman induk lengkuas kurang lebih 9-10 bulan.

Namun sebelum itu, anda harus menyiapkan media penyemaian bibit yang akan digunakan untuk tanaman lengkuas. Media yang dapat anda gunakan beberapa diantaranya seperti media arang sekam dan karung goni lembab yang ditaruh pada nampan kayu. Pastikan kondisinya tetap lembab dan biarkan selama 2 minggu untuk bisa digunakan.

Siapkan Lahan Tanam Laos

Sambil menunggu bibit yang disemaikan selama 2 minggu, anda dapat melakukan persiapan lahan untuk siap digunakan. Persiapan lahan yang dapat anda lakukan meliputi :

1. Tanah

Tanah yang dibutuhkan untuk tanaman laos adalah tanah yang gembur atau subur. Lakukan penggemburan dengan kedalaman 30 cm dengan menggunakan alat seperti cangkul. Setelah penggemburan dilakukan, biarkan tanah tersebut selama 2 minggu untuk menghilangkan gas beracun yang ada di dalamnya.

2. Pupuk

Pupuk yang disiapkan ini yaitu untuk efektivitas tanah supaya lebih efektif untuk digunakan. Campurkan pupuk dengan tanah secara merata, anda bisa menggunakan pupuk jenis apapun. Dengan menyiapkan lahan yang efektif akan sangat membantu pertumbuhan tanaman laos. 

Tahap Penanaman

Penanaman laos dilakukan dengan cara membuat lubang terlebih dahulu pada lahan yang sudah disiapkan. Ambil sekitar 2 – 3 rimpang bibit lengkuas, kemudian masukan ke dalam lubang yan sudah disediakan. Tutup kembali bibit yang sudah ditanam dengan menggunakan tanah. Pastikan anda menutupnya sepadat mungkin supaya bibit tersebut tidak mudah rusak.

Penanaman yang paling efektif dilakukan pada sore hari. Hal ini dikarenakan tanaman tidak akan terkena terik matahari yang panas dan mempercepat pertumbuhan di awal-awal penanaman. Pada tahap ini, anda harus melakukannya dengan benar agar dapat tumbuh dengan baik.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Laos?

Salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan supaya tanaman laos dapat tumbuh dan berkembang dengan baik adalah dengan merawatnya. Perawatan yang dapat anda lakukan meliputi:

1. Penyiraman

Penyiraman tanaman menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kesuburan. Hal ini dikarenakan tanaman laos membutuhkan nutrisi yang besar, salah satunya adalah air yang mencukupinya. Air dapat memberikan kesuburan pada tanaman laos bila diberikan secara rutin.

Untuk penyiraman yang efektif dilakukan yaitu pada pagi dan sore hari. Waktu tersebut sangat tepat untuk anda lakukan. Dengan menyiramnya secara rutin, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. 

2. Pemupukan

Selain penyiraman, anda juga harus melakukan pemupukan pada tanaman laos. Untuk pemupukan dilakukan secara berkala sesuai dengan kondisi tanaman. Apabila masih berumur mudah, anda harus melakukan pemupukan dengan cepat. Ketika tanaman sudah berumur tua, jarang memupuknya tidak akan menjadikan masalah pada tanaman.

Pupuk yang dapat anda gunakan yaitu bermacam-macam, cari saja di toko pupuk mengenai jenis pupuk yang cocok untuk tanaman laos. Dengan begitu, tanaman laos tersebut akan tumbuh dengan baik.

Salah satu tujuan dari pemupukan tanaman laos adalah menjadikannya kualitas yang baik. Biasanya tanaman laos yang diberikan pupuk akan menghasilkan buah yang lebih besar dibandingkan yang tidak dipupuk. Kualitas yang dihasilkan tentu akan lebih baik bilamana anda memberikan pupuk pada tanaman tersebut.

3. Pemangkasan 

Ketika umur tanaman laos sudah menginjak beberapa bulan, sebaiknya anda segera melakukan pemangkasan pada tanaman. Hal ini bertujuan agar percabangan yang dihasilkan bisa menjadi lebih banya, sehigga laos yang dihasilkan akan lebih banyak dan berkualitas.

Untuk pemangkasan bisa anda lakukan dengan menggunakan gunting besar, potong pada bagian pucuk tanaman. Dengan begitu, tanaman laos akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ketiga hal tersebut menjadi salah satu kunci penting dalam perawatan tanaman laos. Jika anda ingin mendapatkan hasil panen yang berkualitas, maka anda harus melakukan perawatan secara rutin.

Panen Laos

Masa panen tanaman laos baru bisa diambil setelah umurnya 10 – 12 bulan. Untuk proses pemanenan dilakukan dengan cara memangkas rimpang secara hati-hati. Banyaknya panen laos yang dihasilkan tergantung dari bagaimana anda membudidayakannya. Bila berhasil melakukannya dengan baik, maka hasil panen yang didapatkan akan lebih banyak dan berkualitas.

Manfaat Laos (Lengkuas)

Mengonsumsi laos ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat tanaman lengkuas yang bisa anda dapatkan bila mengonsumsinya!

1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Setelah dilakukan penelitian, ternyata lengkuas dapat bermanfaat untuk kesuburan pria. Yakni dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kemampuan bergerak dan memperbanyak jumlah sperma. Peningkatan dipercaya akan naik 3 kali lipat setelah mengonsumsi laos.

2. Menyembuhkan Batuk

Bagi anda yang sering batuk-batuk, laos menjadi salah satu obat alternatif yang dapat anda konsumsi untuk kesehatan. Terkadang obat-obatan di warung kurang efektif untuk penyembuhan batuk. Dengan mengonsumsi laos menjadi pilihan yang paling tepat karena mampu menyembuhkan batuk dengan cepat dan efektif.

3. Menurunkan Demam

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada orang-orang adalah demam. Jika anda ingin sembuh dengan cepat, pengobatan alami menjadi pilihan yang paling efektif untuk dilakukan. Anda bisa mengonsumsi laos karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, khususnya untuk menurunkan demam pada tubuh anda.

4. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker dan tumor menjadi salah satu penyakit berbahaya yang harus dihindari tubuh. Alangkah baiknya anda melakukan pencegahan dengan cara mengonsumsi laos supaya penyakit tersebut tidak terjadi pada diri anda. Laos memiliki vitamin yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker dan tumor. 

Melihat manfaat laos yang efektif untuk kesehatan, akan sangat baik jika anda rutin mengonsumsinya. Untuk mendapatkan laos sangatlah mudah, anda bisa membeli di pasaran atau membudidayakannya sendiri.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar