--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman seledri yang Cepat Panen

tanaman seledri (sumber wikipedia)

Budidaya tanaman seledri bukanlah suatu hal yang sulit, seledri sendiri adalah salah satu tanaman yang bisa di budidaya di berbagai media tanam, baik di lahan yang sangat luas maupun pada lahan yang sangat sempit. Dahulu kala seringali orang-orang yang membudidaya tanaman adalah orang-orang yang memiliki lahan cukup luas, namun saat ini semakin berkembangnya zaman ternyata banyak sekali alternative yang bisa di terapkan untuk membudidaya tanaman yangmana salah satunya adalah tanaman seledri ini. alternative-alternatif budidaya yang dapat dilakukan misalnya seperti menggunanakan media tanam hidroponik, polybag, vas bunga, dan masih banyak alternative lainnya yang bisa anda lakukan. Oleh sebab itu jika saat ini misalnya anda ingin membudidaya tanaman seledri tetapi tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk bercocok tanam anda tidak perlu khawatir. Saat ini banyak pula orang-orang yang sudah menerapkan beberapa alternative tersebut dimana contohnya adalah orang-orang yang saat ini tinggal di daerah perkotaan.

Membudidaya tanaman seledri dirumah sendiri bisa menambah keuntungan bagi anda, pasalnya anda tidaak perlu repot-repot mengeluarkan banyak tenaga untuk mengolah tanah atau lahan, selain menghemat tenaga anda juga bisa menghemat waktu.  Untuk perawatannya sendiri juga bisa lebih mudah karena bisa dilakukan di sela-sela menyelesaikan pekerjaan rumah. Tanaman seledri ini merupakan salah satu tanaman yang banyak memiliki manfaat baik untuk kesehatan manusia, dimana selain digunakan untuk bumbu masakan tanaman seledri ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan juga bisa membantu mengatasi permasalahan jerawat pada wajah anda. Nah apabila anda tertarik untuk membudidaya tanaman seledri silahkan anda simak artikel yang ada di bawah ini. 

Pemilihan Bibit

Tahap awal cara budidaya tanaman seledri yang cepat panen adalah memilih bibit yanag memiliki kualitas unggul. Pasalnya bibit adalah penentu keberhasilan anda dalam budidaya tanaman. Cara pertama untuk memilih bibit seledri yang baik adalah  dengan menyiapkan biji seledri. Anda bisa membeli benih dari toko yang khusus menjual benih tanaman budidaya, dimana benih yang anda beli dari toko tersebut tetu sudah dapat dipercaya kualitasnya, serta biasanya akan diberi arahan bagaimana cara penyemaian dari benih tersebut. Jika anda menggunakan benih atau biji maka sebelum penanaman anda harus menyemai benih yang anda beli terlebih dahulu, jika sudah tumbuh dan muncul daun beberapa helai barulah anda bisa memindahkan bibit-bibit tersebut. Sebelum diletakkan atau disebar dalam media penyemaian, benih atau biji seledri tersebut sebaiknya direndam selama kurang lebih 1 jam. Hal ini bertujuan untuk merangsang munculnya tunas dan membuat lapisan terluar dari biji lebih lunak sehingga tunasnya dapat muncul lebih cepat. Cara kedua dalam pemilihan bibit adalah dengan mengambil seledri yang berkualitas unggul, ditandai dengan tangkai atau batangnya yang segar berwarna hijau dan memiliki batang yang kokoh.

Pemilihan Media Tanam

Setelah pembibitan maka anda menyiapkan tahapan yang selanjutnya, yaitu pemilihan media tanam. Ada bebrapa media tanam yang bisa anda gunakan, yang pertama jika anda memiliki lahan yang cukup luas dan hendak menanam seledri dalam jumlah yang sangat banyak maka anda bisa memenfaatkan lahan pekarangan ataupun sawah. Jika anda menanam selsdri pada lahan yang luas anda harus mengolah tanah atau lahan tersebut agar tanahnya bisa lebih gembur sehingga jika ditanami seledri bisa tumbuh dengan subur. Cara mengolah lahan atau tanah adalah dengan cara di bajak atau dicangkul. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas tanah dan juga membuang tanaman lain yang tidak diinginkan. Setelah dibajak anda bisa memberikan pupuk organic atau pupuk kandang agar nutrisi yang terkandung di dalam tanah semakin melimpah. Jika lahannya sudah siap maka tahap selanjutnya anda bisa langsung menanam bibit atau menyemai benih langsung pada lahan tersebut.

Media tanam yang lainnya adalah dengan cara menanam pada pot ataupun pada polybag, media tanam yang satu ini banyak diminati oleh orang-orang yang memilki lahan sempit, sebab dengan menggunakan media tanam yang satu bisa lebih menghemat tempat. Warga atau masyarakat perkotaan juga sering menggunakan media tanam yang stau ini, seperti yang and aketahui bahwa diperkotaan memang tidak terlalu banyak lahan yang tersedia, oelh sebab itu jika ingin membudidaya tanaman seperti seledri ini mereka lebih memilih menggunakan polybag sebagai media tanamnya. Isilah polybag dengan tanah humus atau tanah yang banyak mengandung unsur hara, setelah itu anda bisa mencampurnya dengan pupuk kandang atau pupuk organik dengan takaran yang sesuai, setelah itu anda bisa langsung menanam bibit atau melakukan penyemaian langsung pada polybag tersebut, jangan lupa berikan sedikit air untuk menyirami benih atau bibit tersebut.

Selain memanfaatkan lahan dan menggunakan polybag ada media tanam lain yang lebih modern, media tanam yang dimaksud adalah hidroponik. Media tanam yang satu ini cukup populer di jaman yang modern ini. Hidroponik adalah media tanam yang menggunakan metode-metode modern dan memakai sentuhan teknologi listrik. Media tanam hidroponik ini tidak menggunakan tanah, tetapi butuh sirkulasi air yang sangat lancar. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si seledri selama proses pertumbuhan anda haru memberikan suplemen atau nutrisi melalui pupuk cair yang di campurkan pada air atau bisa juga diaplikasikan dengan cara di semprotkan langsung.

Penanaman

Penanaman bibit slesdri dapat anda lakukan jika lahan atau media tanamnya sudah siap, seperti yang telah dibahas pada ulasan di atas. Penanaman bibit seledri ini tidaklah terlalu sulit, mirip seprti ketika anda melakukan penaman bibit pada tanaman budidaya lainnya. sebelum menanam anda harus melubangi permukaan media tanam atau tanah, kemudia tutup kembali dengan tanah dan jangan sampai lupa disiram dnegan air dan diberi sedikit pupuk sebagai permulaan,

Perawatan dan Pemeliharaan 

Tidak berbeda dengan tanaman budidaya lainnya, dalam budidaya selsedri juga membutuhkan perawatn dan pemeliharaan yang cukup intens. Dimana anda tidak boleh hanya membiarkn tumbuh begitu saja, sebab seledri adalah salah satu tanaman yang sangat riskan terserang oleh hama tanaman. Ada banyak sekali hama tanaman yang berukuran sangat kecil sehingga anda harus jeli dan telaten untuk mengeceknya setiap saat. Oleh sebab itu anda harus merawatnya dengan baik dengan cara memberikan insektisida. Tidak hanya itu saja anda juga harus melakukan pnyiangan ataupun penyulaman agar tanaman seledri anda tidak terganggu oleh gulma. Selain itu berilah nutrisi atau suplemen tambahn untuk tanaman seledri agar batngnya kokoh dan juga bisa memiliki gerombolan yang banyak dan tumbuh. Pemberian pupuk dan nutrisi tambahan ini juga termasuk untuk mempercepat proses pemanenan.  Agar tanaman anda selalu segar anda juga harus rutin menyiramnya dengan air secara berkala, air ini juga dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar