--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Anggur Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Anggur Yang Cepat Panen
anggur (sumber wikipedia)

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang memiliki ciri khas tersendiri, baik dari bentuk ataupun warna anggur. Anggur memiliki ukuran yang kecil dengan jumlah yang banyak dalam satu dompolan (kelompok). Untuk warnanya terdapat beberapa macam seperti biru dan juga merah. Buah yang satu ini memiliki kesegaran yang luar biasa, sehingga banyak orang yang suka dengan buah anggur.

Tanaman anggur hanya bisa ditanam di dataran tinggi, jika anda tertarik untuk membudidayakannya, sebaiknya cari lahan di daerah dataran tinggi. Untuk membudidayakan tanaman yang satu ini juga memerlukan cara yang pasti agar tanaman bisa menghasilkan buah yang berkualitas.

Buah anggur yang dibudidayakan nantinya dapat dijual ke toko buah atau orang yang membutuhkannya. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha yang cukup menguntungkan bila anda berhasil dalam membudidayakan tanaman anggur. Untuk itu, anda harus bisa budidaya tanaman anggur dengan baik dan benar supaya menghasilkan buah yang berkualitas.

Persiapan Lahan

Lahan menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu dalam proses pembudidayaan tanaman anggur. Tanpa adanya lahan tentu budidaya tidak bisa dijalankan. Lahan yang efektif untuk tanaman anggur berada di dataran rendah dan musim kemarau yang cukup panjang.

Hindari daerah yang memiliki angin kencang supaya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Untuk ph tanah kurang lebih 6,5 – 7. Dan pastinya lahan yang dipilih mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan agar tanaman nantinya mendapatkan nutrisi dengan baik dari sinar matahari. 

Untuk luas lahan yang dibutuhkan sesuai dengan lahan yang anda miliki. Semakin luas maka akan semakin efekttif untuk menghasilkan buah yang lebih banyak. Dengan persiapan lahan yang baik, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman nantinya.

Persiapan Bibit Tanaman Anggur

Bibit tanaman anggur yang dibutuhkan adalah bibit yang unggul dan berkualitas. Hal ini akan menentukan hasil tumbuh tanaman anggur nantinya. Bilamana bibit yang dipilih baik, maka kualitas buah anggur yang dihasilkan akan baik juga. Untuk itu, anda harus memilih bibit dengan benar supaya hasil panen yang didapatkan nantinya akan lebih baik. Beberapa karakteristik bibit anggur yang berkualitas sebagai berikut:

- Memiliki 3 ruas batang yang memiliki ukuran 25 – 30 cm.

- Memiliki batang yang berbentuk bulat dengan ukuran  cm

- Kulit batang bewarna cokelat, bagian bawah kulit bewarna hijau, tidak ada bercak hitam dan tidak mengandung embun air. 

- Tunas pada bibit tanaman anggur kokoh, besar dan kuat.

- Pilih usia bibit tanaman yang sudah 5 bulan dengan bibit yang sudah tumbuh 2 – 3 helai daun.

Penyemaian Bibit Tanaman Anggur

Setelah proses pemilihan bibit, selanjutnya anda akan melakukan penyemaian pada bibit tanaman yang sudah disiapkan. Untuk proses penyemaian bibit bisa dilakukan dengan menggunakan pot atau polybag. Sediakan tanah dan juga pupuk, kemudian campurkan keduanya hingga merata.

Masukan tanah dan juga pupuk ke dalam polybag dan tanamkan bibit anggur ke dalamnya kemudian padatkan dengan tanah kembali. Pastikan anda melakukannya secara hati-hati jangan sampai merusak tanaman. Setelah itu, siram menggunakan air secukupnya sebagai keuburan di awal pertumbuhannya. Biarkan kurang lebih selama 2 bulan sebelum melakukan proses penanaman.

Cara Penanaman

Proses penanaman menjadi langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam membudidayakan tanaman anggur. Buatlah lubang terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul atau alat khusus. Ambil bibit tanaman anggur yang sudah dilakukan proses penyemaian. 

Setelah itu, masukan bibit ke dalam lubang yang sudah dibuat. Tutup kembali dengan menggunakan tanah serapat mungkin. Pastikan kondisi tanaman tidak rusak saat menjalankan proses penanamannya. Dengan begitu, tanaman akan mulai proses pertumbuhan.

Perawatan Tanaman Anggur

Membudidayakan tanaman anggur tidak semudah yang dibayangkan. Anda tidak hanya menanamnya saja, tetapi harus melakukan perawatan dengan baik. Bilamana anda mampu merawatnya dengan baik, maka hasil tanaman yang didapatkan akan lebih berkualitas. Proses perawatan yang dapat anda lakukan seperti berikut!

1. Penyiraman

Langkah yang sangat penting dalam melakukan proses perawatan adalah penyiraman tanaman. Jika tanaman ingin tetap dalam kondisi segar, sebaiknya berikan penyiraman secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap hari 2 kali baik di pagi hari ataupun sore hari. Dengan begitu, tanaman akan terus mendapatkan nutrisi yang baik untuk tumbuh.

2. Pemupukan

Pemupukan ditujukan agar tanaman anggur dapat tumbuh dengan cepat. Seperti yang anda ketahui, pupuk mengandung banyak manfaat di dalamnya. Akan sangat baik untuk perkembangan tanaman anggur menjadi lebih efektif. Untuk mendapatkan pupuk, anda bisa membelinya di toko terdekat yang menjualnya.

3. Pemangkasan 

Pemangkasan juga sangat perlu dilakukan oleh anda dalam perawatan tanaman anggur. Pemangkasan bertujuan untuk memberikan percabangan yang semakin banyak agar tanaman bisa menghasilkan buah yang banyak. Selain itu, hasil buah yang didapatkan juga akan berkualitas.

4. Penyiangan

Penyiangan dapat anda lakukan dengan cara membuang gulma yang ada di sekitar tanaman anggur. Biasanya ada tumbuhan kecil yang ikut tumbuh bersamaan dengan tanaman anggur. Hal itu akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut karena bisa menghambat berkembangnya tanaman anggur.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, hal ini akan sangat baik untuk pertumbuhan tanaman anggur tersebut. Pastikan anda melakukannya dengan benar supaya tidak terjadi masalah pada tanaman anggur.

Panen

Apabila proses perawatan sudah dapat anda lakukan dengan baik. Maka anda akan siap panen anggur. Hasil panen yang didapatkan sesuai dengan proses budidaya yang anda lakukan. Apabila mampu melakukannya dengan baik, maka hal tersebut akan berdampak baik pada hasil yang didapatkan. 

Ciri-ciri anggur yang sudah siap dipanen yaitu sudah bewarna ungu kehitaman dan ukuran buahnya sudah besar. Setiap gerombol sudah merata warnanya, apabila masih ada beberapa yang belum matang, sebaiknya jangan dipetik terlebih dahulu. Pemetikan anggur dapat dilakukan pada tangkai buah dengan tangan langsung atau menggunakan gunting. 

Apabila sudah, tempatkan anggur di tempat yang efektif. Jangan ditumpuk secara asal-asalan karena buah anggur cukup lunak dan mudah mengalami kerusakan. Simpan di tempat yang memiliki udara sejuk untuk tetap terjaga kesegarannya.

Hasil Budidaya Tanaman Anggur

Membudidayakan tanaman anggur tentu akan memberikan banyak manfaat bagi semua orang. Khususnya untuk anda sendiri sebagai pembudidaya yang akan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan buah anggur. Ada banyak sekali konsumen yang minat dengan buah yang satu ini.

Selain itu, hasil budidaya tanaman anggur yang telah diperoleh bisa anda konsumsi sendiri. Jika anda memiliki ide kreatif, anda bisa mengolah buah anggur menjadi makanan ataupun minuman yang bermanfaat.

Demikian beberapa tips budidaya tanaman anggur yang dapat kami sampaikan. Anda bisa mengikuti cara di atas supaya budidaya yang dilakukan berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar