--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Belimbing Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Belimbing Yang Cepat Panen
tanaman belimbing (sumber wikipedia)

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi bagi anda. Buah yang satu ini terbilang cukup unik karena memiliki bentuk seperti bintang bila dipotong. Selain itu, belimbing juga memiliki rasa yang lezat. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah belimbing ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya.

Jika anda ingin membudidayakan buah belimbing, anda harus mengetahui bagaimana caranya supaya bisa menghasilkan buah yang berkualitas. Nantinya buah tersebut bisa anda konsumsi sendiri atau dijual untuk mendapatkan keuntungan. Banyak orang yang tertarik dengan buah belimbing, hal ini tentu akan sangat efektif bila anda memilih untuk dijadikan peluang usaha.

Sudah ada banyak orang yang membuktikan keberhasilannya dalam membudidayakan tanaman buah belimbing. Bila anda mampu melakukannya, maka akan menjadi kesempatan besar bagi anda untuk menjalankan bisnis budidaya buah belimbing supaya mendapatkan keuntungan.

Jenis Belimbing

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman belimbing, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis belimbing yang dapat anda pilih untuk dibudidayakan. Ada banyak sekali jenis belimbing yang bisa dipilih seperti berikut:

- Belimbing Sembring

- Belimbing Bangkok

- Belimbing Wulan

- Belimbing Dewi 

- Belimbing Madu 

- Belimbing Malaya

- Dll

Dengan mengetahui jenis belimbing yang ada, anda bisa membudidayakannya dengan mudah karena lebih fokus terhadap satu jenis tanaman belimbing saja. Setiap belimbing juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilih yang menurut anda mudah dilakukan dan memiliki kualitas yang baik.

Pemilihan Bibit

Bibit menjadi salah satu hal yang paling penting untuk anda persiapkan dalam budidaya tanaman belimbing. Pastikan anda menggunakan bibit yang berkualitas agar hasil panen yang didapatkan nantinya juga memiliki kualitas yang baik. Anda bisa membeli bibit di pasaran atau tempat penjualan bibit belimbing. Beli sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan untuk budidaya tanaman belimbing.

Setelah bibit di dapatkan, anda bisa melakukan penyemaian dengan cara menanamkannya di pot atau polybag terlebih dahulu. Anda bisa membeli polybag atau pot di toko terdekat, beli polybag sesuai yang dibutuhkan. 

Siapkan juga tanah yang subur untuk penanaman bibit belimbing, supaya tanah mendapatkan nutrisi yang baik, anda bisa mencampurkan pupuk dengan tanah. Pupuk yang digunakan bisa jenis apapun, anda bisa menggunakan pupuk kandang yang mudah didapatkan. Masukan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk ke dalam polybag atau pot yang sudah disediakan.

Tanam bibit ke dalam polybag atau pot yang ada, biarkan bibit tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 30 cm – 70 cm. Setelah itu, bibit tersebut siap ditanamkan di lahan yang sudah disediakan.

Persiapan Lahan

Setelah pemilihan bibit, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan digunakan. Pastikan lahan memiliki kondisi yang efektif mulai dari iklim, suhu, ketinggian, dan hal lainnya. Untuk tanaman belimbing dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Tanaman membutuhkan pancaran sinar matahari supaya dapat tumbuh dengan baik. 

Sebelum penanaman dilakukan, anda bisa menggemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam proses penanaman karena tanahnya yang lebih lunak. Pastikan jarak setiap tanaman harus diatur agar pohon belimbing tidak saling bersentuhan bila sudah tumbuh besar. 

Tanah yang sudah digemburkan jangan lupa untuk diberikan pupuk ke dalamnya. Gunakan pupuk yang murah saja supaya bahan yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Biarkan tanah didiamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 2 minggu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat beracun yang ada di dalamnya. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh dengan baik sebagaimana mestinya. Setelah itu, anda bisa melanjutkannya ke proses penanaman.

Tahap Penanaman Buah Belimbing

Apabila anda sudah mempersiapkan lahan dan bibit yang akan ditanam, anda bisa menuju ke proses penanaman tanaman belimbing. Untuk menanamnya sangatlah mudah untuk dilakukan, anda bisa menanam belimbing dengan mengikuti cara seperti beriku!

- Siapkan lubang tanaman terlebih dahulu dengan ukuran 60x60 cm untuk panjang dan lebar.

- Gunakan cangkul untuk membuat lubang dan pastikan tidak ada bakteri yang ada di dalam tanah.

- Masukan tanaman belimbing ke lubang tersebut dan pastikan posisinya sudah benar, yakni tegak lurus.

- Tutup kembali dengan menggunakan tanah dan pastikan tanaman tidak mudah roboh atau digoyangkan.

Pada tahap penanaman ini anda harus melakukannya secara hati-hati karena akan menentukan proses pertumbuhan nantinya. 

Tahap Pemeliharaan

Membudidayakan tanaman belimbing tidak hanya menanamnya saja, anda juga harus dapat memeliharanya dengan baik dan benar. Beberapa tahap pemeliharaan tanaman yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut.

- Penyiraman Tanaman

Hal paling utama dalam proses pemeliharaan tanaman belimbing adalah melakukan penyiraman secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap hari dua kali sehari. Gunakan ember atau selang supaya lebih mudah untuk menyiram tanaman tersebut. Dengan begitu, pohon belimbing akan tumbuh secara efektif dan tetap terjaga kesegarannya.

- Pemupupukan

Selain penyiraman, pemupukan juga menjadi salah satu hal penting yang harus anda lakukan. Proses pemupukan dapat anda lakukan secara berkala, yakni sesuai denga umur tanaman. Pupuk yang digunakan bisa jenis pupuk apapun, seperti halnya pupuk kandang yang cukup mudah didapatkan dan harganya pun murah.

- Pemangkasan

Apabila tanaman sudah agak tinggi, pemangkasan pada tanaman sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar tanaman dapat menghasilkan percabangan dan buah sesuai yang diharapkan. Gunakan gunting yang besar untuk melakukan pemangkasan pada tanaman belimbing.

- Pembungkusan Buah

Apabila sudah hampir memasuki proses pemanenan, pembungkusan buah juga perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar buah tersebut memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pembungkusan juga bertujuan agar buah terhindar dari ulat yang suka menggerogotinya.

Dengan melakukan perawatan secara efektif, anda akan mendapatkan belimbing yang berkualitas pastinya. Hal ini jangan sampai anda lewatkan dalam proses budidaya tanaman belimbing.

Proses Panen

Proses panen buah belimbing dapat anda lakukan setahun 4 kali sesuai dengan musim buah belimbing. Untuk karakteristik dari buah belimbing yang sudah siap panen yaitu memiliki ukuran yang besar, warna tergantung dari jenis belimbing ada yang kuning dan juga ada yang hijau. Untuk proses pemanenan akan lebih efektif dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9 dan sore hari mulai dari 15.00 – 17.00. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek dari sinar matahari yang panas.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara budidaya tanaman belimbing agar cepat panen. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya proses budidaya yang dilakukan berhasil. Untuk hasil panen yang didapatkan tergantung dari usaha yang anda lakukan. Bila anda mampu melakukannya dengan baik dan benar, maka hasilnya akan banyak dan berkualitas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar