--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Durian Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Durian Yang Cepat Panen
tanaman durian (sumber wikipedia)

Durian merupakan salah satu jenis buah yang memiliki cita rasa khas tersendiri, baunya yang menyengat membuat banyak orang terpikat untuk mengonsumsinya. Buah yang satu ini terbilang cukup unik karena memiliki ukuran yang besar dengan kulit yang berduri tebal. Untuk isinya berbentuk seperti kepalan dengan ukuran biji yang agak besar. Untuk rasa sudah tidak diragukan lagi.

Durian juga terbagi menjadi beberapa jenis, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri baik dari segi ukuran, rasa, ataupun hal lainnya. Buah yang satu ini juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Akan tetapi, jika anda mengonsumsinya secara berlebihan tidak akan baik karena bisa memabukan anda.

Untuk membudidayakan tanaman buah durian, memerlukan waktu yang cukup lama karena pohonnya memiliki ukuran yang sangat besar. Akan tetapi, bilamana pohon sudah berukuran besar anda sudah tinggal menikmati buahnya saja yang akan muncul bilamana musimnya sudah tiba. 

Persiapan Benih

Salah satu langkah penting yang harus anda persiapkan dalam membudidayakan tanaman durian adalah memilih benih terlebih dahulu. Pastikan benih yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan unggul. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membelinya di toko terdekat yang menjual benih durian. 

Selain itu, anda juga dapat menyiakan benih sendiri dengan cara memilih buah durian yang sudah matang dan berumur tua. Nantinya anda akan mengambil biji durian tersebut untuk ditanam supaya membentuk tunas. Pastikan biji tersebut tidak memilik cacat supaya pertumbuhannya tidak terganggu.

Dengan memilih bibit yang berkualitas, hasil panen yang didapatkan nantinya juga akan berkualitas. 

Penyemaian

Proses penyemaian dapat anda lakukan dengan menggunakan beberapa media yang dibutuhkan seperti:

1. Polybag atau Pot

Polybag atau pot nantinya digunakan sebagai wadah untuk proses pertumbuhan benih buah durian tersebut. Untuk mendapatkan polybag atau pot bisa anda beli di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

2. Tanah

Dalam pemilihan tanah untuk penyemaian juga tidak dilakukan sembarangan. Ada harus memilih tanah yang subur, itu artinya tanah tersebut tidak memiliki bakter atau gulma di dalamnya. Sehingga tanah tersebut dapat memberikan kehidupan untuk pertumbuhan benih durian.

3. Pupuk

Pupuk akan sangat membantu pertmbuhan benih menjadi lebih cepat. Dimana anda harus mencampurkan pupuk dan tanah dalam satu wadah. Anda bisa menggunakan jenis pupuk apapun sesuai keinginan anda.

4. Air

Air nantinya digunakan sebaga penyuburan di awal pertumbuhan bibit durian yang baru saja disemaikan.

Dengan menggunakan beberapa media di atas, proses penyemaian dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Persiapan Lahan

Lahan yang dibutuhkan untuk budidaya buah durian membutuhkan ukuran yang luas jika hasil panen yang didapatkan ingin banyak. Seperti yang anda ketahui, ukuran tanaman durian ini sangat besar dan menjulang tinggi. Tentu lahan yang dibutuhkan harus benar-benar luas agar budidaya yang dilakukannya berhasil.

Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul supaya proses penanamannya lebih mudah. Jangan lupa untuk memberikan pupuk ke tanah agar memberikan efek yang baik untuk pertumbuhan durian yang ditanam nantinya. Biarkan kurang lebih 2 minggu supaya lahan durian terbebas dari segala hama ataupun gulma untuk siap digunakan.

Proses Penanaman 

Waktu yang paling tepat untuk melakukan penanaman pada tanaman durian adalah di pagi hari atau sore hari. Waktu tersebut akan sangat efektif untuk anda lakukan karena tertutup sinar matahari yang akan kurang baik bilamana untuk pertumbuhan awal tanaman. Bila sudah satu sampai dua hari baru efektif bilamana terkena sinar matahari.

Proses penanaman yang dapat anda lakukan adalah membuat lubang terlebih dahulu dengan ukuran 60x60 cm. Gunakan cangkul untuk membuat lubang tanaman dan pastikan tidak ada bakteri yang terdapat dalam tanaman tersebut. Setelah itu, masukan tanaman ke dalam lubang tersebut dan pastikan posisinya tegak lurus. Lalu tutup kembali dengan menggunakan tanah. 

Penyiraman dan Pemupukan

Penyiraman dan pemupukan menjadi salah satu hal penting yang harus anda lakukan untuk membudidayakan tanaman durian. Perawatan yang baik maka akan menghasilkan tanaman yang baik. Maka dari itu, anda harus melakukan penyiraman dan pemupukan sebagai salah satu perawatan yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman durian.

Penyiraman dapat anda lakukan secara rutin setiap hari dua kali. Gunakan air seadanya saja, anda bisa menggunakan ember supaya penyiraman bisa dilakukan lebih cepat. Tujuan dilakukannya penyiraman tanaman durian adalah supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Kondisi tanamannya juga tidak akan layu bilamana proses penyiraman dilakukan secara rutin.

Selain itu, pemupukan juga sangat perlu dilakukan untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat. Selain itu, pupuk juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan buah yang lebih besar. Rasa juga sangat dipengaruhi oleh pemupukan tanaman durian. Perawatan yang satu ini sangat wajib untuk anda terapkan dalam budidaya tanaman durian.

Penyiangan dan Pemangkasan

Penyiangan merupakan salah satu perawatan yang dilakukan untuk membuang gulma pada tanaman. Gulma akan sangat mengganggu proses pertumbuhan tanaman durian karena proses perakarannya akan terganggu oleh rumput liar. Anda bisa membuang gulma tersebut dengan menggunakan cangkul.

Selain itu, pemangkasan juga sangat perlu dilakukan pada perawatan tanaman durian. Tujuannya adalah agar tanaman durian lebih cepat berbuah di usia tanamannya yang masih mudah. Hal ini menjadi tips yang sudah diterapkan oleh banyak orang yang menginginkan buah hasil budidayanya tumbuh dengan cepat. Penyiangan dan pemangkasan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.

Hama dan Penyakit Tanaman Durian

Hal yang paling menyebalkan pada tanaman durian yaitu adanya hama yang menyerang tanaman. Hal ini pastinya akan sangat menggangu pertumbuhannya, bahkan buah yang dihasilkan terkadang tidak sesuai yang diharapkan akibat hama yang menyerang tanaman tersebut.

Untuk memberantasnya, anda bisa menyemprotkan obat hama pada tanaman durian. Gunakan saja obat hama yang bisa anda beli di tempat penjualan obat hama. Dengan begitu, hama yang menyerang tanaman akan hilang seketika.

Panen Durian

Panen durian di awal-awal memerlukan waktu yang cukup lama karena proses pertumbuhan tanaman durian yang begitu lama. Kurang lebih membutuhkan waktu 4-5 tahun setelah masa tanam durian baru bisa berbuah. Untuk panen durian yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan songgoh yang kuat. 

Melihat durian memilik duri yang cukup tajam, gunakan sarung tangan untuk proses pemanenan buah yang satu ini. Buah durian yang matang akan memiliki bau harum durian meskipun belum di buka. Ukurannya pun sudah pasti besar dan anda dapat mengetahuinya dari bunyi durian bila diketuk. Hasil panen durian yang didapatkan bisa anda konsumsi sendiri atau dijual di pasaran.

Demikian beberapa informasi mengenai cara budidaya tanaman durian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar