--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Jambu Air Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Jambu Air Yang Cepat Panen
tanaman jambu air (sumber wikipedia)

Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang  banyak diminati oleh orang-orang. Buahnya yang segar menjadikan orang-orang suka mengonsumsinya. Bahkan buah jambu air ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Akan sangat baik bagi tubuh anda bila sering mengunsumsi buah jambu air. Untuk tanaman jambu air juga mudah ditemukan di sekitar daerah anda, tanaman ini mampu hidup di daerah dataran rendah.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakannya, anda harus mengetahui beberapa hal penting supaya jambu air yang ditanam bisa menghasilkan buah yang berkualitas. Anda bisa menjualnya atau mengonsumsi buah jambu air. Banyak dari mereka yang menjadikan tanaman jambu air ini dijadikan peluang usaha yang cukup efektif. Akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan bila mampu membudidayakannya.

Jenis-Jenis Jambu Air

Sebelum melakukan proses budidaya tanaman jambu air, alangkah baiknya anda harus mengetahui jenis-jenis jambu air. Hal ini dapat membantu anda untuk memilih jenis jambu air yang akan dibudidayakan. Beberapa jenis jambu air yang ada diantara sebagai berikut :

- Jambu air cengkih

- Jambu air madu

- Jambu air kampret

- Jambu air king citra

- Jambu air lilin

- Jambu air kancing

- Jambu air maduran

- Dll

Setiap jenis jambu air memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa membudidayakan jenis jambu air sesuai yang diinginkan.

Persiapan Bibit Tanaman Jambu Air

Hal utama yang harus anda persiapakan adalah bibit jambu air yang berkualitas. Dengan bibit yang memiliki kualitas baik maka akan menghasilkan jambu yang ungul dan bermutu ketika panen nantinya. Untuk pembibitan dapat dilakukan dengan du acara yaitu sebagai berikut :

1. Cara Generatif

Cara generative merupakan salah satu cara pembibitan dengan memperbanyak tanaman biji. Proses yang dibutuhkan cukup panjang bila anda ingin menggunakan cara yang satu ini, beberapa diantaranya seperti perbanyakan, penanaman, hingga menghasilkan buah.

2. Cara Vegetatif

Selain cara generatif, ada jug acara vegetatif yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan bibit. Cara ini merupakan kebalikan dari cara generative, yakni tidak menggunakan biji. Anda bisa melakukannya dengan cara penyangkokan, okulasi dan penyetekan. Bila anda menggunakan bibit vegetative, hal ini akan menjadikan pohon lebih cepat menghasilkan buah.

Anda bisa memilih salah satu cara tersebut untuk menghasilkan bibit yang berkualitas. Dengan begitu, anda akan mendapatkan hasil panen jambu air sesuai yang diinginkan.

Persiapan Lahan

Lahan juga menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan. Semakin luas lahan yang digunakan maka akan semakin efektif untuk budidaya tanaman jambu air. Lahan yang efektif menjadi pilihan yang tepat untuk anda budidayakan tanaman jambu air.

Daerah dataran rendah antara 5 – 500 m menjadi pilihan yang paling tepat untuk budidaya tanaman jambu air. Jika pohon jambu ditanam di tempat yang memiliki ketinggian melebihi 500 m akan kurang efektif untuk pertumbuhan tanaman jambu. Sehingga hasil budidaya yang dilakukan tidak memberikan hasil yang baik.

Lahan yang akan digunakan sebaiknya digemburkan terlebih dahulu untuk mempermudah proses penanaman jambu air. Jangan lupa menambahkan pupuk ke tanah supaya mendapatkan nutrisi yang lebih baik untuk pertumbuhan tanaman jambu air. Dengan begitu, lahan sudah siap untuk ditanam jambu air.

Proses Penanaman

Proses penanaman dapat anda lakukan dengan cara membuat lubang tanaman terlebih dahulu. Buatlah lubang tanaman dengan ukuran 40x40 cm supaya dapat digunakan dengan baik. Masukan bibit yang sudah disemaikan ke dalam lubang tanaman, pastikan posisinya tegak lurus. Setelah itu, tutup kembali dengan menggunakan tanah sepadat mungkin.

Waktu penanaman pohon jambu air yang efektif adalah pagi dan sore hari. Waktu tersebut akan terhindar dari sinar matahari yang panas, sehingga akan sangat baik untuk pertumbuhan di awal. Setelah penanaman dilakukan, langsung saja berikan air sebagai masa pertumbuhan awal tanaman jambu air.

Berikan Pupuk Pada Tanaman Jambu Air

Jenis pupuk apakah yang cocok untuk tanaman jambu air? Ada banyak sekali jenis pupuk yang bisa digunakan untuk tanaman. Salah satunya adalah pupuk kandang yang cukup efektif untuk pertumbuhan tanaman jambu air. Selain memiliki fungsi yang baik, pupuk kandang juga mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau.

Anda bisa membeli pupuk kandang di toko terdekat yang menjualnya. Pastikan pupuk kandang yang digunakan cukup sesuai dengan jumlah tanaman jambu air yang akan dibudidayakan.

Tujuan diberikannya pupuk pada tanaman jambu air yaitu untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman suaya lebih efektif. Selain itu, jambu air yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik. Anda bisa membedakannya sendiri antara tanaman jambu air yang diberikan pupuk dengan yang tidak, pastinya akan memiliki perbedaan besar pada segi hasil yang didapatkan.

Penyiraman Tanaman Jambu Air

Proses penyiraman dilakukan setiap hari, yakni dua kali sehari pada pagi dan sore. Tujuannya adalah agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan yang dialaminya.

Untuk penyiraman yang dilakukan dapat menggunakan ember atau selang yang dipancurkan langsung ke arah tanaman. Berikan secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan ataupun kekurangan dalam pemberian air pada tanaman jambu air.

Pemberantasan Hama

Hama menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan pastinya ketika merusak tanaman jambu air yang dibudidayakan. Akibat ulah hama dapat membuat tanaman menjadi rusak dan tidak menghasilkan buah yang berkualitas. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan hama pada tanaman jambu air.

Untuk melakukannya cukup mudah, semprotkan pada tanaman yang terkena hama dengan menggunakan obat pembasmi hama. Anda bisa mendapatkan obat tersebut di toko terdekat, pilih hama sesuai yang dibutuhkan.

Tanaman jambu yang terkena hama bisa ditandai dengan kondisi daun yang bolong-bolong atau rusak, terdapat ulat pada buah jambu, batang mengelupas dengan sendirinya, dan lain sebagainya. Hama-hama tersebut harus segera anda basmi supaya tanaman jambu air dapat tumbuh dengan baik.

Pemangkasan

Bagi anda yang melakukan perawatan tanaman jambu air, jangan lupa untuk memangkasnya pada bagian pucuk tanaman. Hal ini bertujuan untuk memberikan percabangan yang lebih banyak dan menghasilkan buah yang lebih berkualitas pastinya.

Panen Jambu Air

Apabila anda berhasil membudidayakan tanaman jambu air, maka hasil panen yang didapatkan akan berlimpah. Untuk kualitas yang dihasilkan sesuai dengan usaha anda dalam membudidayakan tanaman tersebut.

Proses panen jambu air dilakukan secara berkala, yakni menyesuaikan musim jambu air. Biasanya tanaman jambu air akan tumbuh dua kali dalam setahun. Untuk proses pemetikannya bisa langsung mengambilnya dari tangkai jambu. Anda juga dapat menggunakan galah untuk pemetikan pohon yang tinggi.

Bagi anda yang tertarik untuk budidaya tanaman jambu air bisa mengikuti beberapa tips di atas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar