--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Mangga Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Mangga Yang Cepat Panen
tanaman mangga (sumber wikipedia)

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi sangat banyak di dalamnya. Jenis buah yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya. Untuk masalah rasa sudah tidak diragukan lagi, mangga memiliki rasa yang manis.


Buah mangga dapat anda beli di tempat penjualan buah, ada banyak sekali penjual buah mangga yang bisa anda temukan di sekitar daerah anda. Tanaman buah mangga juga sering dijumpai di sekeliling anda karena ada banyak sekali orang-orang yang menanam tanaman yang satu ini.

Banyak orang juga yang membudidayakan tanaman buah mangga untuk dijadikan peluang usaha. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan bila anda menjaankannya. Akan tetapi, anda harus bisa melakukan budidaya buah mangga supaya buah yang dihasilkan berkualitas. Bilamana hasil buah yang ditanam memiliki kualitas unggul, maka akan banyak orang yang minat untuk membelinya.

Jenis-Jenis Mangga

Dalam pembudidayaan buah mangga, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis mangga yang akan dipilih. Setiap jenis mangga memiliki kelebihan tersendiri antara satu sama lain baik dari segi rasa, ukurannn, faktor lainnya. Hal ini yang menjadikan minat banyak orang untuk mengonsumsi buah mangga.

Adapun jenis-jenis mangga yang dapat anda ketahui sebagai berikut!

- Mangga Arumanis

- Mangga Golek

- Mangga Manalagi

- Mangga Malibu

- Mangga Madu

- Mangga Apel

- Mangga Alpokat

- Dll

Tentukan jenis mangga yang akan dibudidayakan supaya lebih fokus dan hasil yang didapatkan juga lebih berkualitas. Seperti halnya anda akan membudidayakan buah mangga arumanis, anda akan lebih folkus mendalami jenis buah yang satu ini hingga budidaya yang dilakukan berhasil. 

Persiapan Bibit

Bibit yang berkualitas menjadi salah satu langkah yang paling penting untuk anda siapkan dalam budidaya tanaman mangga. Pastikan anda memilih bibit yang berkualitas agar tanaman mangga yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik. Anda bisa membeli bibit tersebut di toko terdekat. Ada banyak sekali penjual bibit tanaman mangga, pilih sesuai dengan kebutuhan yang akan dibudidayakan.

Adapun karakteristik dari bibit mangga yang baik, salah satunya adalah batang tanaman yang harus sehat. Batang yang sehat adalah batang yang tidak bengkok dan memiliki ukuran yang lebih besar. Batang yang sehat terhindar dari berbagai macam hama ataupun penyakit. Jika anda melihat dari segi akar, bibit yang memiliki akar lebih banyak layak untuk dipilih.

Selain itu, bibit yang sudah muncul daunnya bisa anda pilih yang paling segar. Jangan memilih bibt yang daunnya layu. Hal ini akan memperhambat proses pertumbuhan tanaman mangga nantinya. Dengan memilih bibit yang baik, hal ini akan membuat mangga yang dihasilkan berkualitas.

Persiapan Lahan Untuk Tanaman Mangga

Apabila bibit sudah disiapkan, maka anda harus menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk penanaman bibit mangga. Lahan yang digunakan harus memiliki ukuran yang luas karena tanaman mangga akan menghasilkan pohon yang besar nantinya. Semakin luas lahan yang digunakan maka semakin besar kesempatan anda untuk panen mangga dalam jumlah yang banyak.

Gemburkan tanah terlebih dahulu sebelum proses penanaman dilakukan. Anda bisa menggunakan cangkul untuk melakukan penggemburan. Pastikan jarak antar tanaman seimbang dan jangan terlalu dekat. Jika ingin lebih efektif, sebaiknya pilih lahan yang jauh dari bangunan. Bila pohon sudah besar, tanaman akan menghasilkan akar yang menjalar cukup panjang. Akan efektif bila anda menanamnya di lahan yang kosong dan jauh dari bangunan.

Proses Penanaman Mangga

Setelah anda sudah menyiapkan bibit yang disemai, anda akan memasuki proses penanaman pohon mangga. Buatlah lubang terlebih dahulu kurang lebih dengan ukuran 60x60 cm supaya lebih efektif. Masukan pohon mangga ke dalam lubang yang sudah dibuat, pastikan posisinya tegak lurus, kemudian tutup dengan menggunakan tanah serapat mungkin supaya tidak roboh.

Waktu yang tepat untuk menanam pohon mangga adalah pagi dan juga sore. Tanaman mangga bisa tumbuh di musim kemarau ataupun hujan. Di awal pertumbuhannya, jangan lupa untuk memberikan penyiraman secara langsung. Dengan begitu, tanaman mangga tinggal melalui masa pertumbuhannya.

Pemupukan Tanaman Mangga

Pemupukan menjadi hal yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman mangga. Pupuk memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesuburan tanaman mangga. Sangat penting bagi anda untuk memberikan pupuk. Lakukan secara berkala, baik sebulan sekali supaya tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. 

Untuk mendapatkan pupuk, anda bisa membelinya di toko terdekat. Ada banyak sekali penjual pupuk yang bisa anda pilih untuk membelinya. Jenis pupuk juga beragam, gunakan saja pupuk yang murah dan berkualitas. Hal ini akan membuat tanaman mangga anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Penyiraman Tanaman Mangga

Selain diberi pupuk, tanaman mangga juga membutuhkan nutrisi berupa air. Lakukan penyiraman secara rutin yaitu 2 kali sehari. Penyiraman dapat dilakukan dengan menggunakan ember atau selang sesuai dengan fasilitas yang ada miliki. 

Apabila anda menyiramnya secara rutin, pertumbuhannya akan semakin cepat. Kondisi tanaman juga akan tetap segar dan tidak layu. Sangat penting bagi anda untuk melakukan proses penyiraman pada tanaman mangga.

Pembasmian Hama Pada Tanaman Mangga

Tanaman mangga juga seringkali diganggu oleh berbagai macam hama yang menyerangnya. Berbagai macam hama tersebut dapat membuat tanaman menjadi rusak, pertumbuhannya pun akan terganggu. Sangat penting bagi anda untuk membasmi hama-hama tersebut yang mengganggu tanaman.

Untuk memberantasnya, gunakan saja obat pemberantas hama yang bisa anda beli di toko terdekat. Ada beberapa jenis obat pembasmi hama, anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan yang akan digunakan. Untuk penggunaannya sangat mudah, semprotkan saja pada tanaman yang terserang hama.

Panen Mangga

Panen mangga di awal-awal memerlukan waktu yang cukup lama karena anda harus menunggu proses pertumbuhan tanamannya terlebih dahulu. Namun setelah itu, pohon mangga akan terus menghasilkan buah setiap 90 – 100 hari setelah berbunga. Anda bisa melakukan panen mangga secara rutin.

Untuk pemetikan buah mangga bisa langsung mengambilnya saja dari tangkai buah yang ada di dalam tanaman. Tempatkan di wadah yang sudah disediakan dan hasil panen buah mangga siap untuk dijual. Anda juga dapat mengonsumsinya sendiri baik dimakan langsung atau dijadikan olahan lainnya. 

Hasil Budidaya Tanaman Mangga

Bagi anda yang menjalankan peluang usaha buah mangga, hasil yang didapatkan tentu akan sangat menguntungkan bilamana budidaya yang dilakukannya berhasil. Seperti yang anda ketahui sendiri, banyak orang yang suka sekali dengan jenis buah yang satu ini. Selain dikonsumsi langsung, mangga juga dapat diolah menjadi makanan atau minuman apapun. 

Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman mangga, maka anda harus mengikuti beberapa tips budidaya yang benar agar hasil yang didapatkan sesuai apa yang diharapkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar