--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Manggis Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Manggis Yang Cepat Panen
buah manggis (sumber wikipedia)

Manggis merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi dijumpai banyak orang di sekelilingnya. Buah yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada rasanya yang membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya. Manggis akan bewarna ungu bilamana sudah matang. 

Buah manggis juga kaya akan nutrisi di dalamnya, sangat baik untuk anda mengonsumsinya guna menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi manggis mudah didapatkan baik di warung atau mengambil di pohon sendiri bila anda menanamnya. Harganya yang terjangkau tentu membuat banyak orang suka mengonsumsi buah yang satu ini.

Melihat manggis banyak peminatnya, buah yang satu ini juga dibudidayakan oleh banyak orang. Budidaya yang dilakukan dalam skala besar, sehingga proses pemanenannya nanti juga skala besar. Anda harus memahami betul bagaimana cara membudidayakan buah manggis yang benar supaya menghasilkan buah yang berkualitas.

Syarat Tumbuh Tanaman Manggis

Mengetahui syarat tumbuh tanaman manggis menjadi hal yang sangat penting untuk anda ketahui. Hal ini agar nantinya tidak berakibat fatal bilamana proses budidaya tanaman manggis sudah dilakukan. Banyak dari mereka yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga kerugian besar didapatkan akibat kecerobohannya.

Beberapa syarat tumbuh tanaman manggis yang dapat anda ketahui meliputi :

- Tanaman manggis dapat tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi, yakni 0 – 800 m. 

- Tanaman manggis akan tumbuh bilamana ditanam di tanah yang subur, seperti tanah latosol, gembur dan mengandung bahan organic.

- Suhu yang efektif untuk membudidayakan tanaman manggis adalah 22 – 32 derajat celcius.

- Curah hujan antara 1500 – 2500 mm

- Kelembaban udara yang dibutuhkan 80%

Dengan mengetahui syarat tumbuh tanaman manggis tersebut, anda bisa menentukan terlebih dahulu apakan hal tersebut sudah anda miliki atau belum. Bilamana sudah sesuai dengan ketentuan dan syarat tumbuh tersebut, anda bisa membudidayakan tanaman manggis dengan mudah.

Pembibitan

Pembibitan menjadi langkah awal yang harus anda persiapkan dalam proses budidaya tanaman manggis. Pastikan anda memilih bibit yang unggul dan berkualitas agar hasil kelengkeng yang ditanam juga memiliki kualitas baik. Anda bisa membelinya jika tidak bisa membuat bibit manggis sendiri. Ada banyak sekali penjual bibit manggis di pasaran, beli saja sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, anda bisa memilih bibit manggis dari hasi sambung pucuk yang telah berumur 18 bulan. Panjang tunas yang dipilih minimal 15 cm dan telah memiliki 3-4 helai daun. Selain itu, bibit yang didapatkan harus terbebas dari hama dan penyakit. Sehingga bibit tersebut dapat anda gunakan secara efektif untuk pertumbuhan tanaman manggis.

Pengolahan Lahan Tanaman

Sambil menunggu bibit sudah agak besar, anda bisa menyiapkan lahan yang efektif terlebih dahulu. Lahan menjadi salah satu hal penting yang harus anda perhatikan agar tanaman manggis dapat tumbuh dengan baik. Pilih lahan yang terbebas dari gulma ataupun penyakit apapun supaya lebih efektif.

Anda juga dapat melakukan penggemburan tanah supaya proses penanamannya dapat dilakukan dengan mudah. Bila perlu anda memberikan pupuk ke tanah supaya hasil pertumbuhannya bisa lebih cepat. Biarkan lahan selama 2 minggu untuk menghilangkan zat beracun. Sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik sampai proses pemanenan nantinya. 

Proses Penanaman Manggis

Tanaman manggis akan efektif bila anda menanamnya di pagi atau sore hari. Terkena pancaran sinar matahari secara langsung tidak menjadikan masalah untuk pertumbuhan tanaman manggis. Selain itu, di musim hujan juga menjadi waktu yang paling tepat untuk anda lakukan dalam menanam manggis.

Cara menanam manggis:

- Siapkan bibit manggis yang sudah disemai di dalam polybag. Jika menggunakan pot sebaiknya dilepas dahulu.

- Buatlah lubang tanaman sesuai dengan ukuran bibit manggis.

- Masukan tanaman ke dalam lubang dan pastikan posisinya lurus ke atas.

- Tutup kembali dengan menggnakan tanah.

- Bila perlu, gunakan ajir supaya tanaman tidak goyah.

Tahap Perawatan Tanaman Manggis

Perawatan menjadi salah satu kunci penting yang harus anda lakukan dalam membudidayakan tanaman manggis. Untuk merawatnya, ada beberapa tahap yang harus anda lakukan sebagai berikut!

- Penyiraman

Langkah yang sangat penting harus anda lakukan untuk merawat tanaman manggis adalah penyiraman. Apalagi jika tanaman masih berumur muda, menyiramnya sangatlah penting untuk anda lakukan. Dengan menyiram tanaman manggis akan membuatnya menjadi lebih kokoh dan terlihat segar. 

- Penyiangan

Penyiangan pada tanaman manggis juga sangat perlu untuk dilakukan. Terkadang ada gulma yang menggangu pertumbuhan tanaman manggis. Akan efektif jika anda melakukan penyiangan pada tanaman tersebut. Untuk mencabut gulma yang ada di sekitar tanaman, anda bisa menggunakan tangan langsung atau bantuan alat cangkul.

- Pemupukan 

Proses yang cukup penting dalam perawatan tanaman manggis selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan bertujuan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan buah yang dihasilkan juga berkualitas. Taburkan pupuk secara melingkar pada tanaman manggis yang sudah tertanam. Anda dapat melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk yang sesuai untuk tanaman manggis.

- Pemangkasan

Pemangkasan juga sangat perlu dilakukan dalam proses perawatan tanaman manggis. Untuk melakukannya, anda bisa memangkas bagian pucuk tanaman manggis yang sudah tumbuh. Tujuan dari pemangkasan tersebut agar kondisi tanaman bisa menghasilkan buah yang lebih banyak melalui percabangan pada tanaman manggis yang dibudidayakan.

Dengan melakukan beberapa perawatan tersebut, hal ini akan sangat membantu pertumbuhan tanaman manggis hingga proses panen nantinya.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Manggis

Hama menjadi salah satu hal yang cukup mengesalkan bagi pembudidaya tanaman manggis. Hal ini dapat memperburuk kualitas tanaman yang dihasilkan akibat hama yang menyerang tanaman manggis. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan pemberantasan pada hama yang menyerangnya.

Untuk membasmi semua hama pada tanaman manggis, anda dapa menggunakan obat pembasmi hama supaya lebih cepat hilangnya. Anda bisa mendapatkan obat pembasmi hama di toko terdekat. Pastikan anda memilih obatnya sesuai dengan hama yang ada pada tanaman manggis.

Panen Manggis

Panen buah manggis dapat dilakukan jika sudah berumur 104 – 110 hari. Dimana usian ini sudah cukup matang untuk mendapatkan manggis yang berkualitas. Adapun ciri-ciri buah manggis yang sudah layak dipanen yaitu sebagai berikut:

- Kulit buah bewarna merah kecoklatan hingga merah keunguan.

- Terdapat bercak cokelat pada tangkai atau kelopak buah.

- Buah akan lunak ketika ditekan.

Dengan mengetahui ciri-ciri buah yang sudah layak dipanen, anda bisa langsung memetikanya dengan cara memutus tangkainya. Jika tanaman manggis menjulang tinggi, gunakan galah dengan songgoh supaya lebih efektif. Untuk pengambilan bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari yang cuacanya lebih efektif.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan buah manggis bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar