--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Naga Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Naga Yang Cepat Panen
buah naga (sumber wikipedia)

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada bentuk buahnya. Dimana buah yang satu ini memiliki kulit yang cukup tebal dan unik yang menjadikan ciri khas dari buah naga itu sendiri. Warnanya yang merah juga menjadi ciri khas dari buah naga.

Banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah naga, sangat baik untuk anda konsumsi karena rasanya yang lezat dan juga nikmat. Apalagi jika anda menjadikan jus buah naga, tentu rasanya akan semakin nikmat. 

Buah naga juga banyak dibudidayakan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang memiliki lahan luas di daerah dataran tinggi. Untuk membudidayakannya tidak semudah yang dibayangkan, anda harus memperhatikan banyak hal bilamana ingin mencoba untuk budidaya tanaman buah yang satu ini. 

Memilih Bibit Buah Naga

Pemilihan bibit menjadi langkah penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu untuk proses budidaya tanaman buah naga. Pastikan anda memilih bibit yang berkualitas supaya buah naga yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik. 

Dalam proses pembibitan terbagi menjadi du acara yang dapat anda gunakan yaitu sebagai berikut:

1. Cara Vegetatif

Cara yang satu ini dilakukan secara alami dan prosesnya akan lebih mudah. Hasil benih yang didapatkan dengan cara ini juga akan lebih banyak. Cara ini seringkali dilakukan oleh pembudiaya tanaman buah naga untuk menghasilkan benih yang berkualitas.

2. Cara Generatif

Selain cara vegetative, anda juga dapat memperoleh benih buah naga dengan cara generative. Cara ini dilakukan dengan memperbanyak tanaman dari biji, dimana benih didapatkan dari salah satu buah naga yang terpilih. Biasanya buah naga yang sudah berumur tua memiliki biji yang berkualitas dan sangat cocok untuk dijadikan benih.

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas, anda juga bisa mendapatkannya dengan cara penyetekan seperti berikut:

- Penyetekan dilakukan pada tanaman yang sudah pernah berbuah, yakni 3-4 kali. 

- Pilih batang yang kiranya memiliki diameter 8 cm, keras, tua dan bewarna kelabu.

- Pemotongan dilakukan pada batang yang panjangnya 80 120 cm.

- Potongan stek setidaknya memiliki 4 mata tunas.

- Siapkan polybag untuk menanam stek tersebut.

- Masukan tanah beserta stek yang sudah dihasilkan.

- Lakukan penyiraman secukupnya.

- Tunggu hingga tunas tumbuh dan siap untuk ditanam di lahan.

Persiapan Lahan

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam buah naga. Pastikan lahan yang digunakan memiliki tanah yang gembur atau subur. Dimana tanah tersebut terhindar dari gulma atau bakteri yang dapat menyebabkan tanaman mati. Dengan begitu, tanaman buah naga yang ada di dalamnya akan dapat tumbuh dengan baik. 

Buatlah lubang tanam kurang lebih 60x60 cm dengan kedalaman 25 cm. Bila perlu anda bisa mencampurkannya dengan pupuk supaya tanah mendapatkan nutrisi yang baik. Sehingga, penanaman bibit buah naga di lahan akan menjadi efektif pertumbuhannya. Biarkan kurang lebih selama 2 minggu hingga zat beracun yang ada di dalamnya hilang semuanya. Setelah itu, anda sudah bisa melanjutkannya ke proses penanaman.

Proses Penanaman Buah Naga

Cara penanaman buah naga berbeda dengan jenis buah lainnya, dimana anda membutuhkan tiang penyanga yang nantinya akan menjadi perambatan dari tanaman buah naga untuk bisa tumbuh. Untuk melakukan penanaman buah naga dapat anda lakukan di sore ataupun pagi hari supaya lebih efektif. Udara yang sejuk menjadi cuaca yang paling pas untuk penanaman buah naga.

Cara menanam buah naga:

- Tempatkan tiang panjat terlebih dahulu, anda bisa menggunakan bamboo, kayu atau tiang lainnya.

- Buatlah lubang tanaman untuk menanam bibit buah naga.

- Ambil 4 bibit buah naga dan tanam di sekeliling tiang penyangga tersebut.

- Masukan bibit tersebut ke dalam lubang, setelah itu timbun kembali dengan menggunakan tanah.

- Ikat bibit buah naga ke batang penyangga.

- Potong tunas buah naga apabila bercabang sebelum naik ke puncak

Proses Pemeliharaan 

Setelah menanamnya, anda harus melakukan pemeliharaan dalam membudidayakan tanaman buah naga. Pemeliharaan menjadi hal yang paling penting untuk pertumbuhan tanaman sampai menghasilkan buah nantinya. Proses pemeliharaan tanaman buah naga yang dapat anda lakukan meliputi :

- Pengairan

Pengairan menjadi salah satu hal penting yang harus anda lakukan dalam merawat tanaman buah naga. Untuk penyiraman yang paling efektif adalah 2 kali sehari di waktu pagi dan sore. Dengan begitu, tanaman akan mendapatkan kesegaran yang dapat membuatnya menjadi lebih kuat dan tidak layu. Hal ini juga dapat membantu kesuburan tanaman menjadi lebih efekitf.

- Pemangkasan

Selain pengairan, pemangkasan tanaman juga sangat perlu untuk dilakukan. Jika anda ingin mendapatkan hasil buah naga yang berkualitas, maka hal ini sangat wajib untuk anda lakukan. Pangkas pada bagian pucuk tanan supaya pertumbuhan buahnya menjadi lebih efektif.

- Pemupukan

Bagi anda yang membudidayakan tanaman buah naga, pemupukan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pemupukan akan sangat membantu proses pertumbuhan tanaman sekaligus menghasilkan buah yang berkualitas. Seperti halnya buah naga yang dihasilkan akan lebih besar dan memiliki rasa yang lebih lezat pastinya.

- Pembersihan Gulma

Pembersihan gulma dapat anda lakukan secara rutin dengan menggunakan cangkul atau mencabutnya. Gulma dapat menghambat pertumbuhan tanaman buah naga apabila tidak segera diatasi. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk membersihkan gulma pada tanaman buah naga.

- Membasmi Hama

Selain gulma, hal yang paling menyebalkan lainnya adalah hama yang menyerang tanaman buah naga. Hama tersebut tidak hanya menyerang tanamannya saja, melainkan buah naga yang dihasilkan terkadang memiliki kualitas yang kurang baik. Sangat penting bagi anda untuk membasmi semua hama yang menyerang tanaman buah naga.

Dengan melakukan perawatan secara efektif, hal ini akan sangat membantu pertumbuhan tanaman buah naga. Untuk hasil buah yang didapatkan juga akan berkualtias.

Proses Panen Buah Naga

Pemanenan buah naga dapat ditentukan melalui jenis buah yang dibudidayakan. Untuk buah naga putih akan akan menghasilkan buah di bulan ke 10, buah naga merah di bulan ke 8, namun ada juga buah naga yang berbuah di bulan ke 5. Tergantung dari musim buah naga yang terjadi setiap tahunnya.

Buah naga yang sudah layak panen yaitu bisa dilihat dari segi warnanya. Untuk ukurannya sudah pastinya besar. Untuk proses pemetikan bisa dilakukan dengan cara memutus tangkai buah naga. Setelah pemetikan dilakukan, simpan buah naga di tempat tertutup supaya daya tahannya lebih lama.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman buah naga. Anda bisa melihat beberapa tips di atas supaya budidaya tanaman buah naga yang dilakukan berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar