--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Pir Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Pir Yang Cepat Panen
tanaman pir (sumber wikipedia)

Pir menjadi salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh banyak orang karena memiliki rasa yang khas. Buahnya yang segar menjadikan banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya. Buah pir memiliki ukuran yang sedang dengan warna buah putih seperti dengan apel, namun buah pir lebih segar karena memiliki kandungan air yang lebih banyak.

Tanaman buah pir banyak ditemukan di daerah dataran tinggi, hal ini dikarenakan penanaman buah ini sangat cocok dengan udara yang sejuk. Bilamana ditanam di dataran rendah tidak akan bisa tumbuh. 

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan buah pir, anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa menjualnya bilamana budidaya buah pir yang dilakukan sudah berhasil. Anda harus melihat beberapa cara yang baik dan benar dalam membudidayakan tanaman pir agar dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Persiapan Lahan 

Bagi anda yang ingin membudidayakan buah pir, hal penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah lahan yang akan digunakan. Pastikan anda mempersiapkannya dengan baik supaya tanaman yang dibudidayakan bisa memberikan hasil yang baik. Lahan yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman pir cukup luas. Semakin luas maka semakin besar kesempatan untuk hasil panen yang bisa anda dapatkan. 

Untuk mempersiapkannya, gemburkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan untuk budidaya tanaman pir secara merata. Tujuannya adalah agar proses penanamannya dapat dilakukan dengan mudah. Penggemburan dapat digunakan dengan alat bantu seperti cangkul atau alat khusus yang bisa membuatnya lebih cepat.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk ke tanah yang sudah digemburkan. Pupuk memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tanah yang nantinya akan berperan penting untuk pertumbuhan tanaman. Setelah itu, biarkan kurang lebih selama seminggu untuk siap ke proses penanaman lahan yang digunakan.

Persiapan Bibit

Persiapan bibit yang harus anda lakukan adalah memilih bibit yang berkualitas unggul. Jika anda benar-benar ingin mendapatkan hasil buah yang berkualitas, maka dalam pemilihan bibit harus diperhatikan. 

Anda bisa mendapatkan bibit di pasaran atau tempat penjualan bibit pir terdekat. Ada banyak sekali penjual bibit pir yang menyediakannya dengan kualitas terbaik. Pilih jenis bibit pir sesuai keinginan anda untuk membudidayakannya. 

Proses pembibitan sebaiknya dilakukan pada musim dingin, dimana bibit membutuhkan udara yang sejuk untuk mempercepat pertumbuhan agar dapat ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Jika tidak dilakukan di musim dingin, anda bisa melakukan pembibitan dengan cara lain, yakni dengan menutupnya menggunaan alat khusus agar tidak terkena sinar matahari. Untuk proses penanamannya menunggu hingga bibit mulai tumbuh.

Penyemaian

Penyemaian dapat anda lakukan dengan menggunakan bantuan beberapa media seperti :

- Pot atau Polybag

Pot atau polybag berfungsi sebagai wadah untuk melakukan penyemaian bibit tanaman pir. Anda bisa mendapatkan pot atau polybag di toko terdekat, ada banyak sekali penjual polybag atau pot yang bisa anda temukan.

- Tanah 

Tanah menjadi salah satu hal penting yang harus anda persiapkan sebagai media penyemaian bibit buah pir. Gunakan tanah yang subur dan agak lunak supaya bibit dapat tumbuh dengan mudah.

- Pupuk

Pupuk yang dibutuhkan ini bertujuan untuk dicampurkan dengan tanah yang nantinya akan dimasukan ke dalam polybag atau pot. Anda bisa menggunakan jenis pupuk apapun yang baik untuk tanah.

Beberapa media tersebut akan sangat membantu proses penyemaian menjadi lebih cepat. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara langsung supaya bibit mendapatkan nutrisi dengan cepat.

Proses Penanaman

Seperti penanaman bibit pada umumnya, anda bisa menanam bibit pir yang sudah disemai ke lahan yang sudah disipakan. Namun sebelum itu, anda harus membuat lubang tanaman terlebih dahulu. Bila sudah, masukan bibit buah pir ke dalam lubang tersebut dan tutuk kembali dengan menggunakan tanah. Pastikan lubang tertutup dengan rapat agar tanaman tidak mudah roboh.

Proses penanaman dapat anda lakukan di pagi hari ataupun sore hari. Yang terpenting cuaca pada saat penanaman tidak pandas. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak langsung layu setelah penanaman dilakukan. Anda juga dapat langsung memberikan air ke dalam tanaman tersebut supaya tumbuh dengan baik di awal-awal.

Pemeliharaan Tanaman Pir

Pemeliharaan tanaman pir juga sangat penting untuk anda lakukan. Bahkan langkah ini menjadi tips penting yang harus anda pahami dalam membudidayakan tanaman pir. Berikan pemeliharaan terbaik supaya hasil yang didapatkan juga memiliki kualitas yang baik. Pemeliharaan yang dapat anda lakukan meliputi :

1. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan setiap hari baik itu pagi ataupun sore hari. Cari waktu senggang anda untuk melakukan penyiraman. Tujuanya adalah untuk memberikan kesuburan pada tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Tanaman yang disiram secara rutin prosesnya akan lebih cepat.

2. Pemupukan

Pemupukan bertujuan untuk mempercepat perumbuhan sekaligus memberikan hasil buah yang berkualitas. Anda bisa membedakan antara tanaman pir yang diberi pupuk dengan yang tidak. Pastinya hasil yang didapatkan akan berbeda, kualitas yang diberikan pupuk akan lebih baik. Sangat penting bagi anda untuk melakukan pemupukan pada tanaman pir.

3. Penyiangan 

Penyiangan juga menjadi hal penting yang dapat anda lakukan agar tanaman tidak terhambat pertumbuhannya. Buang gulma-gulma jahat yang ada di sekitar tanaman pir. Bersihkan dengan menggunakan alat seperti cangkul kecil ataupun alat lainnya. Dengan melakukan penyiangan pada tanamn pir, hal ini akan memberikan kualtas yang baik untuk pertumbuhan tanaman pir pastinya.

4. Pembasmian Hama

Tanaman pir juga sangat mudah terserang hama. Hal ini pastinya akan sangat membuat anda kesal karena bisa saja menggangu jumlah panen yang didapatkan nantinya. Dengan membasminya menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda lakukan. Gunakan saja obat pembasmi hama yang bisa didapatkan di toko terdekat. Lakukan secara berkala bilamana ada tanaman yang terkena hama agar tidak menular ke tanaman lainnya.

Sangat penting bagi anda untuk melakukan perawatan pada tanaman pir. Lakukan dengan baik dan benar supaya hasil yang didapatkan memiliki kualitas yang baik.

Panen Buah Pir

Proses pemanenan dapat anda lakukan bilamana usia tanaman sudah menginjak 2-3 tahun. Anda bisa melihat dari ciri-ciri buahnya, dimana buah pir pastinya sudah tumbuh besar dan bewarna kuning agak keputihan. Proses pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik tangkai buah dengan menggunakan tangan atau gunting. Untuk hasil panen yang didapatkan tergantung dari hasil usaha yang anda lakukan dalam membudidayakannya. Bila melakukannya dengan benar, untuk hasilnya pastinya akan baik.

Itulah beberapa tips dalam membudidayakan tanaman pir yang dapat kami sampaikan. jika anda tertarik berbudidaya tanaman pir, anda bisa mengikuti beberapa cara di atas supaya hasil yang didapatkan memiliki kualitas baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar