--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Nangka Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Nangka Yang Cepat Panen
tanaman nangka (sumber wikipedia)

Nangka merupakan salah satu jenis buah yang sering dijumpai oleh orang-orang. Buah yang satu ini banyak sekali yang menanamnya. Rasa buah nangka juga berbeda dengan jenis buah lainnya. Nangka memiliki rasa yang manis dengan warnanya yang kuning. Untuk buah yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Meski terbilang buah yang mudah ditemukan, banyak orang yang suka mengonsumsi buah nangka. Daripada membelinya, mereka lebih memilih untuk menanamnya sendiri. Akan tetapi, hal ini tidak dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki lahan kosong untuk menanam buah nangka.

Untuk itu, membudidayakan tanaman buah nangka untuk dijadikan peluang usaha juga efektif untuk anda lakukan. Hal ini akan menjadikan anda mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan buah nangka tersebut. Jika anda mampu membudidayakannya dengan baik dan benar,  maka buah nangka yang dihasilkan akan berkualitas.

Syarat Tumbuh Tanaman Nangka

Adapun beberapa syarat tumbuh tanaman nangka yang harus anda ketahui jika ingin membudidayakannya seperti berikut:

1. Iklim

- Pohon nangka dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah ataupun dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 800 mpdl untuk penanaman yang paling efektif.

- Pohon nangka sangat efektif tumbuh pada curah hujan yang memiliki 1300 – 2500 mm.

- Pohon nangka akan efektif ditempatkan di daerah yang terbuka, dimana harus mendapatkan sinar matahari secara langsung.

- Suhu minimum 21 derajat celcius dan maksimal 31,5 derajat celcius.

- Untuk mengurangi penguapan, kelembaban udara yang tinggi sangat diperlukan.

2. Media Tanam

- Pohon nangka dapat ditanam dengan tipe tanah yang subur.

- Ph tanaman 6-7,5.

- Karena perakarannya yang cukup dalam, maka kedalaman air yang paling efektif adalah 1-2 m.

Apabila anda sudah mengetahui syarat tumbuh tanaman dengan baik. Anda bisa menentukan untuk melakukan budidaya atau tidak. Bila tidak memenuhi persyaratan, sebaiknya jangan memaksa untuk mencobanya. Hal ini bisa berakibat buruk pada diri anda sendiri nantinya.

Persiapan Bibit

Dalam proses budidaya tanaman nangka, mempersiapkan bibit menjadi langkah awal yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Pilih bibit yang berkualitas baik supaya hasil yang didapatkan juga baik. Anda bisa membeli bibit di toko terdekat, ada banyak sekali penjual bibit nangka. Biasanya bibit yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang cukup baik.

Jika anda tidak ingin membelinya, anda bisa mendapatkan bibit dari buah nangka itu sendiri. Pemilihan bibit harus berasal dari jenis yang unggul, buah memiliki umur yang panjang, tidak cacat fisik, dan tahan terhadap hama dan juga penyakit. 

Untuk pemilihan bibit yang sudah mengalami proses penyemaian, gunakan bibit yang kokoh dan tegak lurus. Percabangannya banyak dan memiliki daun yang bewarna hijau, dengan begitu, anda akan mendapatkan bibit yang berkualitas.

Persiapan Lahan

Pastikan anda juga harus mempersiapkan lahan yang efektif untuk pertumbuhan tanaman nangka nantinya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah kondisi tanah yang efektif menjadi hal yang harus anda persiapkan. Kondisi tanah dipastikan subur, gemburkan tanah terlebih dahulu supaya lebih dimudahkan dalam proses penanamannya.

Luas lahan yang dibutuhkan juga harus cukup, hal ini menyesuaikan jumlah tanaman yang akan anda budidayakan. Semakin luas lahan yang anda miliki maka semakin banyak tanaman nangka yang dibudidayakan nantinya. 

Proses Penanaman

Dalam menanam buah nangka dapat anda lakukan baik di pagi hari ataupun sore hari. Waktu tersebut sangat tepat untuk anda gunakan agar penanaman yang dilakukan dapat dijalankan dengan baik. Proses penanaman buah nangka dapat anda lakukan seperti berikut:

- Buatlah lubang tanaman terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul. Ukurannya 60x60 cm.

- Siapkan bibit buah nangka yang akan ditanamankan (bibit yang sudah mengalami proses penyemaian).

- Masukan bibit ke dalam lubang yang sudah disediakan, pastikan posisinya sudah tegak dan lurus.

- Timbun dengan menggunakan tanah kembali.

- Supaya lebih kokoh, anda bisa menancapkan tiang penyangga di samping tanaman.

- Proses penanaman selesai.

Pemeliharaan Tanaman Buah Nangka

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman buah nangka, bukan hanya penanaman saja yang perlu dilakukan. Pemeliharaan tanaman juga menjadi hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Proses pemeliharaan tanaman buah nangka meliputi:

- Penyiraman 

Penyiraman sudah pastinya menjadi salah satu pemeliharaan tanaman yang paling penting untuk dilakukan. Dengan melakukan penyiraman yang efektif tentu akan membuat kondisi tanaman cepat subur. Anda dapat melakukan penyiraman secara rutin yaitu 2 kali sehari. Waktu yang tepat untuk penyiraman adalah sore hari.

- Penyiangan

Penyiangan juga sangat perlu dilakukan oleh anda yang ingin menjaga kondisi tanaman buah nangka tetap efektif. Penyiangan dapat membantu tanaman yang kurang baik pertumbuhannya. 

- Penjarangan

Penjarangan juga perlu untuk anda lakukan dalam merawat tanaman buah nangka. Penjarangan dilakukan disaat ada tanaman yang mati atau sudah tidak dapat tumbuh dengan baik. Anda harus menggantinya dengan tanaman buah nangka yang lebih baru lagi. Dengan begitu, lahan yang digunakan tidak akan sia-sia.

- Pemupukan

Pemupukan menjadi salah satu hal penting yang harus anda lakukan supaya pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Dengan pemupukan yang efektif juga akan membantu proses pertumbuhan buah yang menjadi lebih besar. Untuk masalah rasa juga dapat dipengaruhi oleh pupuk, namun itu semua tergantung dari jenis bibit yang dipilih.

- Pemangkasan

Ketika tinggi tanaman sudah memasuki 40 cm, sebaiknya anda mulai rutin untuk melakukan pemangkasan pada tanaman tesebut. Dengan begitu, tanaman buah nangka yang dibudidayakan akan dapat tumbuh secara maksimal. Biasanya pemangkasan ini bertujuan agar tanaman dapat berbuah dengan cepat.

Perawatan yang efektif tentu akan memberikan dampak yang baik pada tanaman buah nangka yang ditanam. Sangat penting bagi anda untuk melakukan perawatan secara rutin.

Panen Tanaman Buah Nangka

Proses panen buah nangka akan bisa didapatkan bilamana usia tanaman sudah memasuki 3-4 tahun. Nantinya akan mulai muncul buah nangka dengan ukuran yang berbeda-beda, disini anda harus bisa memilih buah nangka yang sudah layak panen.

Anda bisa melihat dari segi ukuran buah nangka yang besar adalah yang efektif untuk dipanen. Selain itu, anda juga bisa mengetahuinya dari bunyi buah nangka tersebut. Baunya yang khas juga sudah layak dipanen dan biasanya kulit buah akan terlihat seperti pecah. Dengan mengetahui karakteristik buah nangka yang sudah siap dipanen, anda akan dapat melakukannya dengan mudah.

Untuk hasil panen yang didapatkan setiap pohon tidak menentu, ada yang berbuah 5, 6, 7, dan seterusnya setiap pohonnya. 

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara budidaya tanaman buah nangka. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas jika tertarik untuk membudidayakannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar