--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Tomat Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Tomat Yang Cepat Panen
tomat (sumber wikipedia) 

Tomat merupakan salah satu jenis buah atau sayuran yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Salah satunya adalah vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, namun ada juga manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan bila mengonsumsi tomat. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung, supaya rasanya lebih nikmat anda bisa memadukannya dengan makanan lainnya.

Untuk menghasilkan tomat, anda harus bisa membudidayakan tanaman tomat, baik itu di rumah sendiri atau tempat khusus. Membudidayakan tomat cukup efektif dilakukan, selian dikonsumsi sendiri juga dapat dimanfaatkan untuk peluang usaha. Anda bisa menjual tomat bilamana budidaya yang dilakukan berhasil. 

Tomat memiliki ukuran yang sedang dengan warnanya yang hijau ketika masih mentah dan merah bilamana tomat sudah matang. Untuk tomat yang dapat dikonsumsi yaitu bewarna merah dan segar. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh anda supaya lebih baik.

Pemilihan Bibit Tomat

Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah melakukan pemilihan bibit tomat terlebih dahulu. Dalam proses ini menjadi hal yang paling penting untuk anda lakukan, dimana benih tersebut akan menentukan hasil panen tomat bila sudah ditanaman. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan tomat yang berkualitas.

Untuk pemilihan bibit, anda bisa menentukan dari segi varietas lahan yang digunakan, apabila di daerah dataran tinggi, maka benih yang digunakan adalah benih yang cocok ditanam di dataran tinggi. 

Anda bisa mendapatkan benih tomat yang berkualitas dengan mudah di toko terdekat atau tempat penyedia bibit tomat. Jika anda merasa keberatan dalam membeli benih tomat, anda bisa membuatnya sendiri. Anda bisa mengambil buah tomat yang sudah tua dan besar untuk melakukan pembibitan sendiri.

Ambil biji yang ada di dalam tomat tersebut, kemudian letakan ke dalam wadah seperti plastic atau tempat apapun. Setelah itu, bersihkan dari lendir tomat yang ada di dalamnya. Rendam dengan menggunakan air secukupnya dan biarkan selama 30 menit. Bibit yang tenggelam harus anda pilih karena memiliki kualitas yang baik untuk pertumbuhan tanaman tomat.

Penyemaian Benih Tomat

Setelah pembibitan sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Adapun media yang harus anda siapkan untuk menyemaikan benih tomat seperti:

- Tanah

Tanah menjadi salah satu hal yang paling penting sebagai media untuk penyemaian bibit tanaman tomat. Gunakan tanah yang subur supaya ada nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman tomat nantinya.

- Polybag atau Pot

Anda bisa menggunakan alat polybag atau pot sebagai wadah atau tempat untuk penyemaian bibit tomat. Menggunakan polybag akan lebih mudah karena anda bisa menanamkannya langsung dengan polybagnya bila sudah tumbuh besar. Sementara menggunakan pot anda harus melepasnya terlebih dahulu untuk penanamannya.

- Air

Air akan digunakan sebagai penyuburan di awal. Dimana tanah membutuhkan air terlebih dahulu untuk memberikan nutrisi pada bibit tanaman tomat yang akan disemai. 

- Peralatan Tambahan

Untuk alat tambahan yang digunakan juga sangat membantu dalam proses penyemaian seperti cangkul kecil untuk mengambil tanah atau alat bantu lainnya.

Apabila media tanam sudah didapatkan, maka anda dapat melakukan penyemaian dengan mudah. Masukan tanah yang sudah disiapkan ke dalam polybag, kemudian masukan bibit ke dalamnya. Setelah itu, tutup kembali dengan menggunakan tanah hingga padat. Biarkan hingga bibit tumbuh beberapa daun sebelum ke proses penanaman.

Persiapan Tanah

Untuk tanah yang baik digunakan untuk proses penanaman tanaman tomat memiliki tingkat keasaman ph 5,5 – 7. Jika pengasaman kurang, anda bisa menambahkan kapur pertanian agar tingkat keasamannya semakin bertambah. Selain itu, struktur tanah juga akan lebih efektif untuk digunakan dalam proses penanaman tomat.

Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul secara merata di seluruh lahan yang akan digunakan untuk budidaya tomat. Buat kedalaman sekitar 30 cm dengan jarak bandeng selebar 30-40 cm. Supaya kondisi tanah semakin efektif digunakan, biarkan terlebih dahulu kurang lebih selama satu minggu. 

Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk supaya memberikan kesuburan pada tanaman. Hal ini dikarenakan pupuk memilik kandungan nutrisi yang baik untuk tanah supaya menjadi lebih subur. Dengan begitu, lahan akan siap digunakan untuk proses penanaman budidaya tanaman tomat.

Cara Penanaman

Setelah anda sudah menyiapkan bibit yang sudah disemaikan, anda bisa menuju ke cara penanaman yang efektif. Buatlah lubang terlebih dahulu pada lahan yang sudah disediakan, untuk ukurannya jangan terlalu besar. Masukan bibit ke dalam tanah dan pastikan posisinya sudah benar. Tutup kembali dengan menggunakan tanah serapat mungkin untuk menjaga kekokohannya.

Waktu penanaman tomat yang baik adalah di pagi dan sore hari. Anda bisa memilih waktu luang anda untuk menanam bibit tomat. Jika dalam jumlah yang banyak, sebaiknya tanam di pagi hari supaya proses penanamannya cepat selesai. Anda bisa menambahkan bambu atau apapun sebagai topangan untuk tanaman tomat bila sudah tumbuh dewasa.

Penyiraman dan Pemupukan Tanaman Tomat

Penyiraman dan pemupukan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Kedua hal tersebut akan memberikan dampak pada tanaman tomat, jika anda melakukannya secara rutin maka akan berdampak baik, begitu juga sebaliknya.

Penyiraman bertujuan untuk memberikan kesegaran pada tanaman tomat supaya dapat tumbuh dengan baik. Untuk menyiram tanaman tomat bisa dilakukan setiap hari, luangkan waktu anda pada pagi dan sore hari untuk melakukan penyiraman tanaman. Dengan begitu, tanaman tomat akan tumbuh dengan sangat baik.

Selain penyiraman, jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanaman tomat. Pupuk memiliki kandungan yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman tomat. Pupuk yang digunakan bisa jenis apapun, baik itu pupuk kandang ataupun pupuk organik lainnya. Lakukan secara berkala supaya tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang baik. Apalagi jika umur tanaman masih muda, sangat penting bagi anda untuk melakukan pemupukan.

Pembasmian Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pada tanaman tomat menjadi salah satu hal yang paling mengesalkan. Hal ini tentu akan membuat anda kurang nyaman karena dapat berakibat buruk pada hasil tanaman yang didapatkan. Bisa saja buah tomat yang diperoleh tidak tumbuh dengan sempurna dan memiliki rasa yang kurang nikmat.

Untuk itu, anda harus bisa melakukan pembasmian pada hama dan penyakit yang menyerang tanaman tomat. Anda bisa menggunakan obat khusus untuk membasmi hama yang ada pada tanaman tersebut.

Panen Tomat

Pemanenan tanaman tomat bisa anda lakukan bilamana sudah menghasilkan buah. Ukurannya akan terlihat besar dengan warnanya yang merah. Bila dipegang akan terasa empuk. Untuk pemetikan bisa menggunakan tangan secara langsung pada tangkai yang ada di buah tomat tersebut. Apabila anda berhasil membudidayakannya dengan baik, maka tomat yang dihasilkan juga akan berkualitas sesuai dengan yang diharapkan. Anda bisa mengonsumsinya atau menjual tomat tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar